Bermusuhan Selama Bertahun-tahun, Pemimpin Turki dan Israel Bertemu untuk Pertama Kalinya

Presiden Turki Tayyip Erdogan (kanan) dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bertemu untuk pertama kalinya di sela Sidang Majelis Umum PBB di New York pada 20 September 2023. (Foto: Twitter/IsraeliPM)

Di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan untuk pertama kalinya bertemu langsung dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Pertemuan tersebut merupakan tonggak penting dalam upaya pemulihan hubungan baru-baru ini setelah hubungan yang renggang terjadi pada masa lalu ketika keduanya sering saling melontarkan kecaman.

Dalam sebuah cuitan, para pejabat Turki menggambarkan pertemuan itu sebagai pertemuan positif, dengan pembicaraan yang berfokus pada bidang energi. Ankara menganggap Israel sebagai rute termurah untuk mendistribusikan gas alam dari cadangannya yang sangat besar melalui pipa dari Turki ke Eropa.

BACA JUGA: Netanyahu Bertemu Biden di sela Sidang Majelis Umum PBB

Laporan berita menyebutkan bahwa Netanyahu dan Erdogan telah saling bertukar undangan untuk mengunjungi negara masing-masing. Laporan tersebut mengatakan Erdogan, seorang Muslim yang taat, telah menyatakan keinginannya untuk mengunjungi Yerusalem tahun ini dan salat di Masjid al-Aqsa, situs tersuci ketiga umat Islam. [lt/jm]