Bertemu Menlu Perancis, Pemimpin Oposisi Belarus Bahas Tekanan pada Rezim

  • Associated Press

Pemimpin oposisi Belarus Sviatlana Tsikhanouskaya hadir dalam sebuah demonstrasi bersama komunitas Belarus di Warsawa, Polandia, pada 31 Juni 2021. (Foto: AP/Czarek Sokolowski)

Pemimpin oposisi Belarus Sviatlana Tsikhanouskaya bertemu dengan Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian di Paris pada Rabu (15/9) untuk melakukan beberapa pembicaraan.

Setelah pertemuan tersebut, pemimpin prodemokrasi itu kemudian berterima kasih melalui akun media sosial Twitter kepada Prancis atas dukungannya.

Dalam sebuah pernyataan yang diposting di situs media sosial miliknya, Tsikhanouskaya mengatakan pertemuannya dengan Le Drian membahas beberapa hal termasuk "tekanan lebih lanjut pada rezim untuk mengakhiri kekerasan dan membebaskan tahanan politik."

Seperti diketahui, protes yang dilakukan selama berbulan-bulan telah mengguncang Belarus setelah deklarasi kemenangan Alexander Lukashenko untuk masa jabatan keenam dalam pemilihan umum pada Agustus 2020.

Pemilu tersebut dikecam oleh pihak oposisi dan negara-negara Barat karena dianggap tidak bebas dan adil.

Pihak berwenang Belarus menanggapi sejumlah demonstrasi oposisi besar-besaran pasca pemilu dengan tindak kekerasan secara masif, termasuk dengan cara memukuli ribuan demonstran dan menangkap lebih dari 35.000 orang. (mg/jm)