Biden Janjikan Bantuan Bagi Korban Tornado di Kentucky

  • Associated Press

Presiden AS Joe Biden memeluk seorang warga yang terdampak tornado di Dawson Springs, Kentucky, dalam kunjungannya pada 15 Desember 2021. (Foto: Reuters/Evelyn Hockstein)

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Rabu (15/12) mengumumkan bahwa ia berjanji akan melakukan “apapun yang perlu dilakukan, selama diperlukan” untuk membantu negara bagian Kentucky dan beberapa negara bagian lain setelah serangkaian badai tornado menghantam wilayah tersebut.

Biden mengatakan bahwa tornado, yang menelan puluhan korban jiwa itu, meninggalkan jejak kehancuran yang tak terbayangkan.

“Anda akan pulih dan membangun kembali (kota ini),” ujar Biden.

BACA JUGA: 14 Korban Tewas di Satu Wilayah Kentucky Akibat Tornado Diantaranya Anak-anak

“Skala dan cakupan kehancuran ini hampir tak terbayangkan,” ujarnya ketika berdiri di depan sebuah bekas bangunan yang hanya terdiri dari sebagian tembok dan puing-puing reruntuhan di Dawson Springs, salah satu kota di Kentucky yang dikunjunginya.

Biden berbicara tentang rasa stress dan tertekan yang dirasakan para korban bencana alam itu, dan mengatakan memindahkan warga yang terdampak ke tempat penampungan darurat merupakan hal yang mendesak untuk mencegah perebakan COVID-19.

Presiden AS Joe Biden meninjau kerusakan yang timbul akibat tornado yang menghantam wilayah Dawson Springs, Kentucky, dalam kunjungannya pada 15 Desember 2021. (Foto: Reuters/Evelyn Hockstein)

Pada saat yang sama presiden memuji curahan dukungan dari masyarakat yang terguncang itu, dan mengatakan siap mengalirkan dukungan pemerintah federal. “Sesuatu yang baik harus ada dari sini,” ujarnya, “di banyak tempat, kehancuran diatasi dengan belas kasih.”

Lebih dari 30 badai tornado melanda Kentucky dan tujuh negara bagian lainnya selama akhir pekan lalu, menewaskan sedikitnya 88 orang. Ribuan warga kehilangan tempat tinggal dan aliran listrik.

“Saya berniat melakukan apapun selama diperlukan untuk mendukung negara bagian Anda, mendukung para pemimpin setempat, ketika kita membangun kembali dan pulih dari bencana ini. Anda akan pulih dan membangun kembali,” tegas presiden.

BACA JUGA: Prosedur Keselamatan di Pabrik Lilin Kentucky Dipertanyakan

Di kota Dawson Springs, Biden berjalan melewati gundukan puing reruntuhan bangunan. Dekorasi Natal yang hancur membelit sisa-sisa perabotan dan pakaian. Dari jauh terdengar suara mesin peralatan berat yang melakukan pembersihan beberapa blok dari tempat di mana presiden berada. Presiden pun berhenti untuk bicara dengan beberapa korban badai itu, termasuk seorang remaja putri yang memegang bendera Amerika.

Lima tornado menghantam Kentucky, termasuk satu tornado yang memiliki jalur sangat panjang yaitu sekitar 322 kilometer.

Selain di Kentucky, korban tewas juga dilaporkan di Illionois di mana sebuah pusat distribusi Amazon di Edwardsville dihantam tornado. Enam orang tewas di Illinois, sementara empat orang tewas di Tennessee. Arkansas dan Missouri masing-masing melaporkan dua korban tewas dalam bencana tersebut. [em/jm]