Biden Sambut Emir Qatar di Gedung Putih

  • Associated Press

Presiden AS Joe Biden melakukan pertemuan bilateral dengan Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani di Gedung Putih, Washington, pada 31 Januari 2022. (Foto: Reuters/Leah Millis)

Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyambut kedatangan Emir Qatar di Gedung Putih pada Senin (31/1).

Biden menyebut Qatar sebagai “teman baik” dan mengatakan dia akan meminta Kongres untuk menunjuk negara itu sebagai sekutu utama non-NATO untuk mencerminkan kepentingannya.

BACA JUGA: Biden dan Pemimpin Qatar Bahas Pasokan Energi ke Eropa Bila Rusia Invasi Ukraina

“Saya merasa terhormat berada di sini dengan seorang teman baik yang telah menjalin hubungan yang luar biasa sejak saya menjadi presiden dan bahkan sebelumnya. Syekh, saya ingin menyambut Anda di Gedung Putih. (Negara kita telah menjalin) kemitraan selama lima puluh tahun.”

Sheikh Tamim Bin Hamad Al-Thani, emir Negara Qatar dan Biden keduanya mengatakan mereka sangat ingin membahas hubungan kedua negara terutama menyangkut keamanan di kawasan dan menyoroti kerja sama kedua negara di Afghanistan.

Presiden Biden juga mengucapkan selamat atas tercapainya kesepakatan antara Qatar dengan Boeing. Qatar Airways memesan 50 pesawat kargo dan berkomitmen untuk membeli sekitar 50 jet Boeing 737 Max. Kesepakatan tersebut merupakan sebuah kemenangan besar bagi pembuat pesawat asal Amerika tersebut terhadap saingannya dari Eropa Airbus. [lt/em]