Biden Yakinkan Polandia bahwa Dukungan AS Sangat Kuat di tengah Ancaman Rusia 

Presiden As Joe Biden bertemu dengan Presiden Polandia Andrzej Duda dan Perdana Menteri Polandia Donald Tusk di Gedung Putih, Washington, pada 12 Maret 2024. (Foto: Reuters/Kevin Lamarque)

Presiden AS Joe Biden meyakinkan para pemimpin Polandia pada hari Selasa (12/3) bahwa dukungan AS untuk Polandia sangat kuat di tengah kekhawatiran di Eropa bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin tidak akan berhenti hanya di Ukraina dalam melancarkan agresi militernya.

“Kongres (AS) harus mengesahkan rancangan undang-undang keamanan nasional bipartisan sekarang, yang mencakup pendanaan darurat untuk Ukraina. Kita harus bertindak sebelum benar-benar terlambat. Sebelum terlambat. Karena seperti yang diingat Polandia, Rusia tidak akan berhenti di Ukraina. Putin akan terus mengancam Eropa, Amerika Serikat dan seluruh dunia yang bebas, menurut pandangan saya,” ungkap Biden.

Biden beserta presiden dan perdana menteri Polandia bertemu di Gedung Putih untuk mengkaji situasi keamanan dan apa arti keuntungan teritorial yang diperoleh Rusia baru-baru ini di Ukraina bagi kawasan yang dilanda ketegangan itu.

BACA JUGA: AS akan Kirim Senjata 'Darurat' $300 Juta ke Ukraina

Presiden Polandia Andrzej Duda dan Biden membahas kampanye yang digalakkannya kepada para anggota NATO untuk meningkatkan anggaran pertahanan mereka, dari 2% PDB menjadi 3% untuk menanggapi apa yang ia sebut “perang berskala penuh yang dilancarkan Rusia tepat di luar perbatasan timur NATO.”

“Agresi Rusia terhadap Ukraina dengan jelas menunjukkan bahwa Amerika Serikat adalah – dan harus tetap menjadi – pemimpin keamanan (dunia),” ungkap Duda.

“Namun sekutu-sekutu yang lain harus lebih bertanggung jawab atas keamanan aliansi ini secara keseluruhan.” [rd/rs]