35 Tahun Penjara untuk Pembocor ke WikiLeaks

Prajurit Kelas Satu Bradley Manning dikawal ke dalam ruang sidang di Fort Meade, negara bagian Maryland (21/8), sebelum dijatuhi hukuman oleh pengadilan militer. (AP/Patrick Semansky)

Para pendukung Prajurit Kelas Satu Bradley Manning menggelar dan memegang poster dalam sebuah protes di luar gerbang Fort Meade, Maryland (21/8). (AP/Jose Luis Magana)

Para pendukung Prajurit Kelas Satu Bradley Manning mengacungkan poster-poster dalam sebuah protes di luar gerbang Fort Meade, Maryland (21/8). (AP/Jose Luis Magana)

Seorang pendukung Prajurit Kelas Satu Bradley Manning memegang spanduk bergambar Manning dalam sebuah protes di luar gerbang Fort Meade, Maryland (21/8). (AP/Jose Luis Magana)

David Coombs, pengacara pembela Prajurit Kelas Satu Bradley Manning, bersalaman dengan para pendukung dalam jumpa pers di Hanover, Maryland, setelah Manning dijatuhi hukuman 35 tahun penjara karena membocorkan informasi rahasia ke WikiLeaks (21/8).

Prajurit Kelas Satu Bradley Manning dikawal keluar ruang sidang di Fort Meade, Maryland (20/8), setelah sidang di pengadilan militer.  (AP/Patrick Semansky)

Ilustrasi suasana sidang kasus pembocoran rahasia intelijen militer oleh Prajurit Kelas Satu Bradley Manning di pengadilan militer di Fort Meade, Maryland (14/8). (Reuters/Bill Hennessy)

Mantan Presiden AS George W. Bush (kanan) dan mantan wakilnya Dick Cheney. Keduanya mengotorisasi invasi ke Irak. (AP/LM Otero)