Bus Sekolah Terbakar di Luar Bangkok, 20 Lebih Dikhawatirkan Tewas

  • Associated Press

Petugas dari tim forensik kepolisian Thailand memeriksa bus yang terbakar, membawa siswa muda bersama guru mereka, di pinggiran kota Bangkok, 1 Oktober 2024.

Rekaman video yang diunggah di media sosial menunjukkan seluruh bus dilalap api dengan kepulan asap hitam yang mengepul saat berhenti di pinggir jalan.

Sebuah bus yang membawa siswa muda bersama guru mereka terbakar di pinggiran kota Bangkok, Selasa (30/9), dengan lebih dari 20 orang di dalamnya dikhawatirkan tewas, kata pejabat dan penyelamat.

Bus tersebut membawa 44 penumpang dari provinsi Uthai Thani bagian tengah untuk perjalanan sekolah ke provinsi Ayutthaya dan Nonthaburi, kata Menteri Transportasi Suriya Jungrungruengkit kepada wartawan di tempat kejadian.

Video yang diunggah di media sosial menunjukkan seluruh bus dilalap api dengan gumpalan asap hitam besar mengepul saat bus itu berhenti di pinggir jalan. Mayat-mayat masih berada di dalam bus beberapa jam setelah kebakaran.

Para siswa di dalam bus tersebut siswa dari sekolah dasar dan menengah pertama. Menteri Dalam Negeri Anutin Charnvirakul mengatakan pejabat belum bisa memastikan jumlah korban tewas karena mereka belum selesai menyelidiki tempat kejadian.

Ia mengatakan para pengemudi selamat tetapi tampaknya telah melarikan diri dan belum bisa ditemukan. Anutin sebelumnya mengatakan 25 orang dikhawatirkan tewas, tetapi Piyalak Thinkaew, seorang penyelamat dari Yayasan Ruamkatanyu kemudian mengatakan kepada wartawan bahwa dua orang korban selamat telah ditemukan, sehingga mengurangi jumlah orang yang masih belum ditemukan menjadi 23 orang — tiga guru dan 20 siswa. [my/ab]