California Tinjau Kerusakan Setelah Gempa Kuat Kedua

Botol-botol anggur berserakan di tengah lorong saat Victor Abdullatif (pemilik toko) membersihkan Eastridge Market, toko keluarganya di Ridgecrest, California, , Sabtu, 6 Juli 2019.

Para petugas darurat di Ridgecrest, negara bagian California, meninjau kerusakan setelah gempa bumi kuat kedua berkekuatan 7.1 mengguncang sebuah wilayah yang sepi di sebelah timur laut Los Angeles Jumat malam. Peristiwa itu terjadi menyusul gempa berkekuatan 6.4 dekat kota itu hari Kamis. Tidak ada laporan mengenai korban tewas atau luka dalam kedua gempa itu. Tapi gempa hari Jumat yang berkekuatan 7.1, yang getarannya terasa di seluruh California dan negara bagian Nevada, menimbulkan kerusakan besar dan menyebabkan warga khawatir.

Makanan berjatuhan dari rak-rak supermarket, dan produk-produk bernilai ribuan dolar hancur di sebuah toko miras. "Gempa ini lebih lama, tapi juga jauh lebih kuat, rasanya tempat ini seperti akan hancur," kata Victor Abdullatif, putera pemilik toko.

BACA JUGA: California Selatan Diguncang Gempa Terbesar dalam Dua Dasawarsa

Para pakar seismologi mengatakan gempa hari Jumat itu 10 kali lebih kuat dibandingkan gempa hari Kamis.

"Gempa (Jumat) berlangsung cukup lama," kata Mark Ghilarducci, direktur Dinas Darurat Kantor Gubernur California. "Getarannya terasa di hampir semua bagian selatan California dan bahkan sampai ke Sacramento," katanya.

Gubernur California Gavin Newsom hari Sabtu (6/7) meminta kepada Presiden Donald Trump dan Badan Manajemen Darurat Federal (FEMA) untuk mengumumkan Deklarasi Darurat Presidensial untuk memberikan Bantuan Federal kepada masyarakat yang terkena dampak gempa bumi. [vm/es]