Cedera Lutut Hentikan Langkah Nadal di ATP Finals

Reaksi Rafael Nadal setelah kalah dari petenis Belgia, David Goffin di turnamen tenis ATP Finals di O2 Arena, London, 13 November 2017.

Rafael Nadal mundur dari turnamen tenis ATP Finals yang berlangsung di O2 Arena, di London karena cedera lutut, setelah dikalahkan oleh petenis asal Belgia, David Goffin, Senin (13/11).

“Saya tidak siap untuk bermain..Saya bermain habis-habisan karena tahu ini adalah pertandingan terakhir saya untuk musim ini,” kata petenis nomor satu dunia, yang juga berhenti di tengah-tengah turnamen Paris Masters dua minggu lalu, mengatakan kepada wartawan. Nadal kalah dari Goffin dengan skor 7-6 (5), 6-7(4), 6-4.

Nadal, yang terpincang-pincang hampir sepanjang set ketiga dalam pertandingan melawan Goffin, memenuhi syarat untuk berlaga di turnamen akhir musim pertandingan ini selama 13 tahun berturut-turut. Tapi dia mengundurkan diri sebelum turnamed dimulai dalam 5 kesempatan sebelumnya. Cedera lutut telah menggangu Nadal sepanjang karirnya.

Mundurnya Nadal dari turnamen ini berarti petenis Spanyol berusia 31 tahun itu, belum pernah memenangkan turnamen penutup musim ini. Nadal mengantongi 16 gelar juara grand slam, setelah tahun ini menyabet juara tunggal putera di Perancis Terbuka dan AS Terbuka.

“Saya tidak menikmati (bermain dalam pertandingan hari ini), jadi tidak mengenakkan bermain seperti ini. Tapi saya menjalani musim pertandingan yang tidak terlupakan,” kata dia menambahkan. [fw/au]