Cegah Kecelakaan, Sukarelawan Saudi Bagikan Takjil di Jalan

Seorang sukarelawan membagikan kotak berisi makanan untuk berbuka puasa di Riyadh, Arab Saudi, 19 April 2021. (REUTERS/Ahmed Yosri).

Lalu lintas di kota Riyadh melambat sewaktu sekelompok pemuda dan pemudi menghentikan kendaraan. Mereka adalah sukarelawan yang membagi-bagikan takjil untuk berbuka puasa di sana selama bulan Ramadan.

Sementara matahari menjelang terbenam pada bulan Ramadan ini, masih ada warga Saudi yang berada di jalan-jalan, bergegas pulang untuk berbuka puasa di rumah. Khawatir terjadi kecelakaan karena mobil-mobil melaju serta berupaya membantu mereka untuk berbuka dengan aman dan gembira, sekelompok pemuda dan pemudi berkumpul di dekat kendaraan yang berlalu dan membagi-bagikan bingkisan makanan serta minuman.

Dengan mengenakan jaket kuning bertulisan “Iftar Anda ada pada kami,” para sukarelawan muda itu membagikan kotak-kotak takjil kepada pengendara mobil dan sepeda motor yang berhenti di lampu lalu lintas.

Your browser doesn’t support HTML5

Cegah Kecelakaan, Sukarelawan Saudi Bagikan Makanan Iftar di Jalan

Salah seorang sukarelawan, Rami Masoud, mengatakan, “Tujuan kami mengadakan kampanye ini adalah memberitahu pengemudi untuk memperlambat kendaraan, karena banyak orang yang menuju rumah dengan terburu-buru untuk berbuka. Selain itu, tujuan utamanya adalah mendapatkan pahala dari Allah dan meminimalkan kecelakaan lalu lintas, Insyaallah.”

Nouran Mutabaghani, sukarelawan Saudi, menyiapkan kotak makanan buka puasa yang disediakan oleh organisasi amal selama bulan suci Ramadan, di Riyadh, Arab Saudi, 19 April 2021. (REUTERS / Ahmed Yosri)

Prakarsa Ramadan ini merupakan bagian dari kampanye yang lebih besar, yang disebut ‘The Happiness of Our People’ atau Kebahagiaan Rakyat Kami, yang telah melakukan berbagai jenis kegiatan amal selama bertahun-tahun.

Rami Masoud menjelaskan,“Kampanye ‘The Happiness of Our People’ berlangsung sepanjang tahun dengan melakukan berbagai jenis kerja sukarela. Dalam bulan Ramadan khususnya, kami melakukan kerja sukarela yang sesuai pada bulan suci ini. Alhamdulillah kami sebagai komunitas yang menyukai prakarsa tersebut, telah diberikan kesempatan melakukan kampanye untuk membuat orang di jalan-jalan gembira dengan membagi-bagikan takjil.”

Nouran Mutabaghani, membagikan kotak makanan buka puasa di Riyadh, Arab Saudi, 19 April 2021. (REUTERS / Ahmed Yosri)

Seorang sukarelawan lainnya, Noran Motabaki, juga menyatakan kegembiraannya berpartisipasi pada hari itu.

“Hari ini saya gembira menjadi bagian dari kampanye ‘Iftar Anda ada pada kami’ dan yang lebih penting lagi adalah kami berkomitmen untuk menerapkan prosedur kehati-hatian di tengah kondisi pandemi virus corona. Kami juga ingin mengingatkan orang-orang agar tidak terburu-buru, karena takjil Anda ada pada kami. Prakarsa kami ‘Iftar Anda ada pada kami’ ada di bawah payung yang lebih besar yakni ‘Kebahagiaan Rakyat Kami’ yang juga merupakan kebahagiaan kami,” jelasnya.

Kampanye ini bermaksud untuk membagikan 18 ribu paket makanan sepanjang Ramadan di tiga kota, yakni Riyadh, Jeddah dan Dammam. Setiap hari, mereka membagikan 200 paket takjil di masing-masing kota itu. [uh/ab]