CEO Dituduh Berperilaku Seksual Tidak Semestinya, CBS Lakukan Penyelidikan 

Les Moonves pada malam penyerahan penghargaan tahunan ke-71 "Tony Awards" di New York, 11 Juni 2017. (Foto: dok).

Jaringan televisi CBS, Jumat (27/7) mengatakan sedang menyelidiki tuduhan-tuduhan perilaku seksual yang tidak semestinya terhadap Les Moonves, CEO dan pemimpin perusahaan yang berusia 68 tahun itu.

Klaim itu dipaparkan oleh situs majalah The New Yorker hari Jumat, dalam sebuah artikel yang ditulis oleh Ronan Farrow.

Farrow pernah memenangkan Anugerah Pulitzer tahun lalu karena laporan di majalah yang sama tentang tuduhan pelecehan seksual yang dilakukan oleh Harvey Weinstein, produser film Hollywood yang sangat berpengaruh.

Dalam artikel terbarunya, Farrow mengatakan ia telah mewawancarai enam perempuan yang mengatakan mereka telah dilecehkan secara seksual oleh Moonves, antara tahun 1980-an dan akhir tahun 2000-an.

“Empat perempuan menggambarkan sentuhan dan ciuman secara paksa di dalam pertemuan-pertemuan bisnis,” tulis Farrow. “Dua perempuan mengatakan kepada saya bahwa Moonves secara fisik mengintimidasi mereka atau mengancam akan menghancurkan karir mereka.”

Keenam perempuan itu, ujar Farrow, masih merasa takut “jika pengungkapan pelecehan itu akan memicu pembalasan dari Moonves, yang dikenal luas dalam industri itu karena kemampuan memuluskan atau menghancurkan karir seseorang.”

Moonves lewat sebuah pernyataan yang juga diterbitkan di The New Yorker mengatakan “saya mengakui bahwa beberapa dekade lalu ada saat dimana saya telah membuat sebagian perempuan mereka tidak merasa nyaman. Itu adalah kesalahan, dan saya sangat menyesalinya.. Saya tidak pernah menyalahgunakan posisi saya untuk merugikan atau merintangi karir siapa pun.”

Farrow mengatakan 30 karyawan dan mantan karyawan CBS mengatakan kepadanya bahwa tuduhan-tuduhan perilaku seksual tidak semestinya itu tidak saja terhadap Moonves, tetapi meluas “pada bagian-bagian penting perusahaan itu, termasuk CBS News dan 60 Minutes, salah satu program yang paling berpengaruh di jaringan itu.”

Di bawah kepemimpinan Moonves, tulis Farrow, “laki-laki di CBS News yang dituduh melakukan perilaku seksual tidak semestinya malah dipromosikan, meskipun perusahaan harus mengeluarkan dana untuk menyelesaikan tuduhan-tuduhan terhadap mereka.”

Tahun lalu Moonves menjadi salah seorang pendiri “Komisi Hollywood untuk Menghilangkan Pelecehan Seksual dan Memajukan Kesetaraan di Tempat Kerja,” yang diketuai oleh Anita Hill. [em]