CEO USAGM Angkat Pejabat Baru Untuk RFE dan OCB

Salah satu kantor Badan Media Global AS (USAGM) di Washington, D.C., Amerika Serikat. (Foto: dok).

Badan Media Global Amerika (USAGM) mengumumkan bahwa mantan jurnalis VOA Ted Lipien akan kembali untuk mengoperasikan Radio Free Europe/Radio Liberty, dan Jeffrey Scott Shapiro, pejabat direktur di Office of Cuba Broadcasting, akan menjadi direktur.

Pengangkatan ini menyusul pengumuman CEO USAGM Michael Pack pada 9 Desember bahwa mantan direktur VOA Robert Reilly akan kembali memimpin jaringan media itu.

Lipien bergabung dengan VOA pada 1973 dan bekerja sebagai kepala dari seksi bahasa Polandia dan kemudian sebagai eksekutif berita dan pemasaran senior sampai 2006. Selama 10 tahun, Lipien bekerja di Muenchen dan Praha sebagai direktur pemasaran kawasan Euraasi, membantu VOA dan RFE/RL menempatkan program-program di stasiun-stasiun di kawasan itu.

Dalam pengumuman kepada staf, dia mengenang kembali mendengarkan Radio Free Europe ketika beranjak menjadi dewasa di Polandia yang komunis waktu itu.

“Saya merasa diberi penghormatan, dan juga merasa rendah hati, dipercayai untuk membantu organisasi ini meneruskan pematahan sensor dan memberi suara untuk mereka yang dibungkam,” demikian tulisnya.

Sejak meninggalkan penyiaran Amerika, Lipien menjadi kritik dari VOA dan pemimpin pemimpin USAGM di masa lalu. Dia membela masa jabatan Michael Pack sebagai CEO, katanya Pack telah memfokuskan pada koreksi terhadap isu bias dan salah kelola di jaringan penyiaran ini.

Radio Free Europe/Radio Liberty adalah organisasi penyiaran multi media niraba yang didanai dengan hibah dari Kongres Amerika.

Jeffrey Scott Shapiro telah bekerja untuk Office of Cuba Broadcasting sejak Juli 2017. Dalam mengumumkan penunjukan ini, CEO Pack mengutip koneksi Shapiro dengan masyarakat Florida selatan dan catatan kinerjanya dalam menghasilkan berita yang obyektif.

“Menyiarkan berita dan informasi secara obyektif ke Kuba memainkan peran penting dalam memperjuangkan Kuba yang bebas, dan merupakan sebuah kehormatan untuk bisa ikut ambil bagian dalam misi penting ini,” demikian ditulis Shapiro dalam sebuah pernyataan.

The Office of Cuba Broadcasting membawahi Radio and Television Marti, yang berkantor di Miami, Florida. Jaringan in menyediakan berita, informasi, dan analisis kepada rakyat Kuba lewat televisi satelit dan radio gelombang pendek, serta juga flash drive, DVD, dan pesan SMS. [jm/pp]