Cher, Tetap Populer di Usia 75 Tahun

Cher saat tampil di acara Penghargaan Musik Billboard di T-Mobile Arena, Las Vegas, 21 Mei 2017. (Foto: Chris Pizzello/Invision/AP)

Cher, superstar solo yang menguasai seni pertunjukan, yang menata ulang dan menaklukkan dunia musik termasuk bioskop, berusia 75 tahun pada 20 Mei 2021.

Bernama lengkap Cherilyn Sarkisian, Cher lahir di El Centro, California. Ia putus sekolah kemudian menjadi bintang dunia sebelum berusia 20 tahun.

Cher menempuh jalan panjang dan unik dalam karir melalui budaya populer yang kontemporer. Dengan berpostur lebih tinggi dari suami namun menggemaskan, Cher dan suaminya, Sonny, menjadi salah satu pasangan paling sukses pada tahun 1960-an dan 70-an.

Cher menjadi penyanyi solo dalam lima dekade berturut-turut. Lagu-lagu hitsnya mencakup "Dark Lady", "Half-Breed", "Gypsys, Tramps & Thieves" dan "If I Could Turn Back Time." Ia berhasil membawa pulang Grammy pada tahun 2000 untuk mega hitsnya, "Believe."

Cher tampil dalam Tur "Here We Go Again" di London, Inggris, Oktober 2019. (Foto: Wikipedia/Raph_PH)

Cher juga termasuk bintang film yang aktingnya layak diperhitungkan. Ia memenangkan Oscar sebagai Aktris Terbaik tahun 1988 untuk komedi romantis "Moonstruck."

Dia telah memenangkan tiga Golden Globes untuk perannya dalam "The Sonny and Cher Show," "Silkwood," dan "Moonstruck"). Dia juga dinobatkan sebagai Aktris Terbaik dalam penghargaan Cannes untuk "Mask" pada tahun 1985. Berbagai film lainnya termasuk "The Witches of Eastwick," "Burlesque" dan "Mamma Mia! Here We Go Again."

Cher juga dikenal dalam berbagai pertunjukkan Broadway, Las Vegas, sejumlah acara televisi dan media sosial.

Pakaian yang ia kenakan saat menerima penghargaan Oscar kebanyakan dirancang oleh Bob Mackie, menjadi halaman depan pemberitaan di seluruh dunia. Busananya yang menarik perhatian besar antara lain satin merah muda metalik pada tahun 1968; gaun keemasan yang berkilauan pada tahun 1973; gaun hitam berhiaskan permata yang mewah dengan hiasan kepala pada tahun 1986; gaun tembus pandang yang ia kenakan ketika meraih Oscar untuk "Moonstruck" pada 1988; gaun pendek yang dikenakannya pada tahun 1989; dan penampilan a la Medusa dengan rambut ikal dan ikat pinggang rantai bermata salib pada tahun 2000.

Kegiatan filantropis Cher kian meluas. Ia memberikan waktunya untuk memperjuangkan hak LGBTQ, hak anak, lingkungan dan, yang baru-baru ini ia lakukan, menggalang dana bagi komunitas yang terkena dampak COVID-19.

Umur Cher lebih panjang dari dua suaminya: Bono dan bintang rock Gregg Allman. Ia memiliki dua anak: Elijah Blue Allman dan Chaz Bono. [mg/ka]