China Gagas Mediasi Untuk Redakan Ketegangan Afghanistan-Pakistan

Menlu China Wang Yi bertemu dengan Penasihat Kebijakan Luar Negeri Menlu Pakistan Sartaja Aziz di Islamabad, 24 Juni 2017. (Photo courtesy: Pakistan Foreign Ministry)

China telah secara resmi menggagas mediasi dalam upaya meredakan ketegangan antara Afghanistan dan Pakistan, dan mendorong kedua negara untuk bekerjasama mengatasi terorisme dan mendorong perdamaian di kawasan.

Upaya diplomatik China itu dilakukan ketika semakin memburuknya hubungan Afghanistan dan Pakistan dalam dua tahun terakhir ini karena saling tuduh telah mensponsori serangan teroris di negara masing-masing.

Menteri Luar Negeri China Wang Yi berkunjung ke Kabul, Sabtu (24/6) di mana ia bertemu dengan Presiden Ashraf Ghani dan pejabat-pejabat senior Afghanistan lainnya untuk membahas cara memperbaiki hubungan dengan Pakistan.

Mengutip pernyataan resmi Wang Yi kepada mitra-mitranya di Afghanistan, disampaikan bahwa “jika diperlukan, China siap mengamati dan menjelaskan langkah-langkah” yang sama-sama telah diambil Afghanistan dan Pakistan dalam melawan terorisme dan ekstremisme. [em]