China Gantikan Menlu Qin Gang dengan Pendahulunya, Wang Yi

China memberhentikan Menteri Luar Negeri Qin Gang hari Selasa (25/7).

China memberhentikan Menteri Luar Negeri Qin Gang yang blak-blakan dari jabatannya, dan menggantikannya dengan pendahulunya, Wang Yi.

Kementerian Luar Negeri tidak memberi informasi tentang status Qin, sesuai dengan pendekatan standar Partai Komunis yang berkuasa itu terhadap masalah personel dalam sistem yang sangat tertutup.

Pembawa acara TV Zheng Li dari CCTV menyiarkan, “Presiden Xi Jinping menandatangani Keputusan Presiden No. 8 pada 25 Juli. Keppres itu menyebutkan, sesuai keputusan rapat keempat Panitia Tetap Kongres Rakyat Nasional ke-14, Republik Rakyat China pada tanggal 25 Juli 2023 yaitu, menghentikan Qin Gang dari jabatannya sebagai Menteri Luar Negeri dan menunjuk Wang Yi sebagai penggantinya.”

Wang Yi kembali ditunjuk sebagai Menteri Luar Negeri hari Selasa (25/7).

Langkah itu dilakukan di tengah reaksi asing terhadap kebijakan luar negeri China yang semakin agresif, di mana Qin adalah pendukung utamanya.

Sidang itu juga menunjuk Pan Gongsheng sebagai gubernur bank sentral, menggantikan Yi Gang, yang telah menjabat sebagai gubernur bank sentral selama lima tahun.

Pan, seorang wakil gubernur bank sentral dan veteran industri perbankan milik China, menggantikan Yi Gang, seorang ekonom lulusan Amerika yang memegang jabatan tersebut selama lima tahun. [ps/jm]