China Hukum Pialang yang Pakai Feng Shui untuk Prediksi Saham

Seorang pria bermasker terlihat di dalam gedung Bursa Efek Shanghai. (Foto: Reuters)

Regulator sekuritas China menjatuhkan hukuman kepada pialang yang menggunakan feng shui untuk memprediksi tren pasar saham.

Komisi Regulasi Sekuritas China mengatakan pihaknya "tidak menoleransi" terhadap perilaku ilegal di pasar saham dan telah menghukum beberapa pialang yang menganalisa, meramalkan, atau menawarkan nasihat investasi dengan menerapkan aspek feng shui seperti batang surgawi dan cabang duniawi, juga dikenal sebagai tiangan dizhi, Yin-Yang, dan Lima Elemen, menurut China Securities Journal.

Surat kabar itu tidak memberikan rincian lebih lanjut atau menyebutkan nama pialang mana pun yang didenda oleh regulator.

Your browser doesn’t support HTML5

Fengshui di Perumahan AS Menarik Pembeli Asal China

Beberapa broker China, termasuk Guosheng Securities dan Essence Securities, telah menerima surat peringatan dari regulator selama setahun terakhir setelah mereka merilis laporan dengan menerapkan feng shui untuk membentuk strategi investasi mereka, menurut pernyataan di situs web regulator, karena beberapa dari catatan ini menimbulkan pembicaraan di pasar.

Tindakan keras terbaru juga terjadi pada saat pasar saham China mengalami volatilitas yang lebih tinggi, dengan indeks blue-chip CSI 300 yang kehilangan sekitar 14 persen sepanjang tahun ini.

Pialang CLSA yang berbasis di Hong Kong menerbitkan Indeks Feng Shui jelang Tahun Baru Imlek yang menggunakan zodiak China untuk memprediksi kinerja saham. Namun perhitungan tersebut tetap populer di kalangan investor. [ah/rs]