China Kukuhkan Penangkapan 3 Penjual Buku Hong Kong Yang Hilang

Para pengunjuk rasa membawa potret lima orang staf perusahaan penerbit dan toko buku yang hilang dalam sebuah aksi protes di Hong Kong, 10 Januari 2016 (Foto: dok).

Dalam surat balasan kepada polisi Hong Kong, penguasa China daratan menyatakan bahwa Lui Por, Cheung Chi Ping dan Lam Wing Kee diduga terlibat dalam kasus Gui Minhai.

Polisi di provinsi Guangdong China selatan telah mengukuhkan penangkapan tiga penjual buku Hong Kong yang hilang. Pihak berwenang China daratan sebelumnya mengatakan mereka diselidiki karena melakukan "kegiatan ilegal."

Analis mengatakan konfirmasi resmi itu merupakan kabar buruk bagi nasib ketiganya, karena menunjukkan tingkat kerjasama mereka yang rendah dalam membangun kasus hukum terhadap majikan mereka Gui Minhai, yang diduga mengusarkan otoritas China karena berniat menerbitkan sebuah buku yang mengungkapkan kehidupan cinta Presiden China Xi Jinping.

Dalam surat balasan kepada polisi Hong Kong, penguasa China daratan menyatakan bahwa Lui Por, Cheung Chi Ping dan Lam Wing Kee diduga terlibat dalam kasus Gui Minhai, dan karena itu "langkah-langkah wajib pidana diberlakukan pada mereka," demikian menurut sebuah pernyataan pers yang dirilis oleh polisi Hong Kong Kamis malam.

Penjelasan resmi itu datang lebih dari tiga bulan setelah mereka hilang pada akhir Oktober, tanpa menyebut secara khusus tuduhan yang membuat mereka ditahan. [as]