‘CODA’ Raih Oscar Sebagai Film Terbaik

Dari kiri: Eugenio Derbez, Sian Heder, Marlee Matlin, Troy Kotsur, Emilia Jones, Daniel Durant, dan Amy Forsyth, peraih penghargaan film terbaik "CODA," berpose di ruang pers dekat patung Oscar di Dolby Theatre, Los Angeles, Minggu, 27 Maret 2022. (Jordan Strauss/Invision/AP)

Film CODA, yang berkisah mengenai keluarga tunarungu yang memiliki seorang anak perempuan yang normal pendengarannya, meraih penghargaan Oscar bergengsi sebagai film terbaik, Minggu (27/3). Ini adalah pertama kalinya layanan streaming membawa pulang hadiah terbesar dalam industri perfilman tersebut.

CODA dirilis oleh Apple TV+, yang mengalahkan The Power of the Dog, film keluaran pesaingnya, Netflix Inc, serta film-film lain produksi studio tradisional Hollywood.

Will Smith meraih Oscar pertamanya sebagai aktor terbaik berkat perannya dalam film King Richard. Jessica Chastain mendapat penghargaan aktris terbaik karena perannya sebagai penginjil di TV Tammy Faye Bakker dalam film The Eyes of Tammy Faye.

Dalam kategori penghargaan lainnya, Jane Campion menjadi perempuan ketiga dalam 94 tahun sejarah Oscar yang menjadi sutradara terbaik, atas film Western garapannya, The Power of the Dog.

Sementara itu Troy Kotsur mencatat sejarah sebagai lelaki tunarungu pertama yang meraih Oscar. Ia menang dalam kategori aktor pendukung terbaik untuk perannya dalam CODA.

Penghargaan untuk aktris pendukung terbaik diraih Ariana DeBose yang berperan sebagai Anita, yang menyanyikan lagu America dalam film West Side Story yang digarap ulang oleh Steven Spielberg.

Berikut ini daftar peraih Oscar untuk berbagai kategori terbaik yang diumumkan hari Minggu, 27 Maret 2022:

Film: CODA
Aktor: Will Smith, King Richard
Aktris: Jessica Chastain, The Eyes of Tammy Faye
Drama dokumenter: Summer of Soul (Or, When the Revolution Could Not Be Televised)
Lagu orisinil: No Time to Die dari film No Time to Die, musik dan lirik oleh Billie Eilish dan Finneas O’Connel
Sutradara: Jane Campion, The Power of the Dog
Aktor pendukung: Troy Kotsur, CODA
Aktris pendukung: Ariana DeBose, West Side Story
Film asing: Drive My Car, Jepang
Desain kostum: Cruella
Skenario asli: Belfast
Skenario adaptasi: CODA
Sinematografi: Dune
Efek visual: Dune
Film animasi: Encanto
Suara: Dune
Dokumenter pendek: The Queen of Basketball
Film animasi pendek: The Windshield Wiper
Live action pendek: The Long Goodbye
Musik asli: Dune
Penyuntingan: Dune
Desain produksi: Dune
Tata rias wajah dan rambut: The Eyes of Tammy Faye

[uh/ab]