"Deadpool & Wolverine" Pecahkan Rekor Box Office Minggu Pertama

  • Associated Press

Poster Deadpool tergantung di Teater David H. Koch saat pemutaran perdana 'Deadpool and Wolverine' di New York City, New York, AS, 22 Juli 2024. (Foto: REUTERS/Caitlin Ochs)

Kehadiran lebih dari 30 bintang papan atas Hollywood terbukti mampu menjadikan “Deadpool & Wolverine” sebagai film yang memecahkan rekor box office untuk film dengan peringkat “R” atau “terbatas” saat diluncurkan pada akhir pekan lalu. Film ini meraih $205 juta untuk pemutaran di AS dan Kanada saja.

“Deadpool & Wolverine” memecahkan rekor pratinjau untuk film dengan peringkat “R” atau “restricted” atau “terbatas – peringkat yang diberlakukan untuk film yang hanya boleh ditonton mereka yang berusia 17 tahun ke atas dengan bimbingan orang tua atau wali. Peringkat “R” biasanya diberikan pada film yang memiliki unsur bahasa yang tidak senonoh, kekerasan, sensualitas, dan berbagai perilaku buruk yang dapat berdampak pada remaja.

Film yang diadaptasi dari buku komik tersebut diluncurkan pada Kamis (24/7). Film itu berhasil menjual tiket bioskop senilai 38,5 juta dolar untuk pemutaran hari pertama saja. Sementara sepanjang akhir pekan lalu, pemutaran film ini di 4.200 bioskop Amerika dan Kanada meraih lebih dari $205 juta.

Pemegang rekor sebelumnya untuk film dengan peringkat “R” adalah “Deadpool 2” yang dirilis Fox’s 20th Century Studios pada bulan Mei 2018. Saat dirilis pertama kali, “Deadpool 2” menghasilkan 18,6 juta dolar, dan di akhir pekan pertamanya mengumpulkan 125,5 juta dolar.

Para penggemar menunggu di luar pemutaran perdana film 'Deadpool and Wolverine' di New York City, New York, AS, 22 Juli 2024. (Foto: REUTERS/Caitlin Ochs)

Namun kini “Deadpool & Wolverine” mengikuti jejak “Star Wars: The Rise of the Skywalker” yang meraih 40 juta dolar dan “Avengers: Infinity War” yang meraih 39 juta dolar pada pemutaran hari pertama.

“Deadpool & Wolverine” memang telah lama ditunggu-tunggu oleh para penonton dan pemilik bioskop, terlebih setelah penurunan pencapaian di box office hingga 17 persen sejak 2023. Associated Press melaporkan sebagian penurunan ini merupakan dampa riak pemogokan para aktor yang mempengaruhi jadwal rilis dan kurangnya film besar yang bermutu. Dibandingkan sebelum masa pandemi pada 2019, perolehan film di box office pada 2024 ini turun lebih dari 34 persen.

“Deadpool & Wolverine” juga merupakan film Marvel pertama pada musim panas ini, yang menjadi koridor pendapatan 123 hari yang penting bagi Hollywood yang sering menyumbang sekitar 40% dari total box office tahunan. Tidak seperti kebanyakan musim panas sepuluh tahun terakhir, tahun ini musim panas tidak dimulai dengan film blockbuster Marvel, yang bisnisnya pasang surut sejak masa pandemi.

BACA JUGA: Ryan Reynolds, Hugh Jackman Naik Sepeda ke Penayangan Perdana “Deadpool & Wolverine” di Berlin

Ulasan yang positif dan tingginya antusiasme penggemar membuat film ini diproyeksikan akan terus melaju untuk memecahkan lebih banyak rekor selama pemutaran pada musim panas ini.

Selain di bioskop-bioskop Amerika dan Kanada, “Deadpool & Wolverine” juga diputar di 48 negara lain di mana perolehan dalam dua hari saja – pada hari Kamis dan Jumat minggu lalu – mencapai 64,8 juta dolar. Belum diketahui berapa perolehan sepanjang akhir pekan lalu di seluruh dunia. [em/jm]