Demokrat Heran Adanya Pertemuan Mendesak dengan Petinggi Deplu AS

Inspektur Jenderal Departemen Luar Negeri Steve Linick meninggalkan pertemuan di area aman di Capitol di mana ia bertemu dengan staf Senat tentang Departemen Luar Negeri dan Ukraina, di Washington, 2 Oktober 2019. (Foto: AP)

Pihak Partai Demokrat di parlemen AS berusaha mengetahui tujuan ditunjukkannya sebuah paket dokumen oleh Inspektur Jenderal Departemen Luar Negeri kepada mereka Rabu (2/10).

Inspektur Jenderal Steve Linick meminta diadakannya sebuah pertemuan tertutup dengan para anggota DPR yang sifatnya “mendesak”. Hal tersebut menimbulkan pertanyaan apakah ia memiliki informasi penting terkait dengan penyelidikan pemakzulan Trump.

BACA JUGA: Pompeo Akui Ikut Dengarkan Pembicaraan Telepon Trump dan Presiden Ukraina

Namun anggota Komite Judisial Jamie Raskin mengatakan kepada wartawan, Linick menunjukkan para anggota sebuah paket berisi dokumen, beberapa dilengkapi insignia Trump Hotel. Ada pun isinya mengulangi teori konspirasi dan tuduhan yang tidak terbukti tentang korupsi oleh Joe Biden.Juga ada serangkaian surat elektronik yang mengkritik mantan dubes Amerika untuk Ukraina, Marie Yovanovitch.

Kata Linick, pengacara hukum Deplu memberinya paket itu pada bulan Mei. Namun ia mengatakan tidak jelas dari mana paket itu berasal.

Raskin mengatakan, operasi sekeliling paket ini tampak seperti pekerjaan “amatir” dan tidak jelas maksud untuk mengirimnya ke Deplu. [jm/pp]