Departemen Keuangan Amerika Menarget Fasilitator Pengadaan Rudal dan UAV Iran

Seorang anggota militer Israel berjalan melewati rudal balistik Iran (kanan) yang jatuh di Israel pada akhir pekan, selama tur media di pangkalan militer Julis dekat kota Kiryat Malachi di Israel selatan, 16 April 2024. (GIL COHEN-MAGEN/AFP)

Kantor Pengawasan Aset Luar Negeri (Office of Foreign Assets Control/OFAC) Departemen Keuangan Amerika, kini menarget lima individu dan tujuh entitas yang berpusat di Iran, China dan Hong Kong yang memfasilitasi pengadaan barang atas nama staf Kementerian Logistik Pertahanan dan Angkatan Bersenjata Iran (MODAFL).

Perusahaan-perusahaan yang ditunjuk kini akan memperoleh berbagai komponen, termasuk akselerometer dan giroskop, yang merupakan bahan-bahan penting bagi program rudal balistik dan kendaraan nirawak (UAV) Iran. Akuisisi Iran atas komponen-komponen rudal dan UAV penting itu, terus memungkinkan proliferasi sistem persenjataan ke proksi-proksinya di Timur Tengah dan Rusia.

“Proliferasi rudal balistik dan UAV yang dilakukan Iran secara serampangan, berisiko menimbulkan ketidakstabilan lebih lanjut dan membahayakan nyawa warga sipil, baik di kawasan itu maupun di seluruh dunia. Tindakan hari ini adalah memaparkan perusahaan-perusahaan penting lainnya dan agen-agen terpercaya yang digunakan Iran untuk memperoleh komponen-komponen itu,” kata Wakil Menteri Keuangan untuk Kontraterorisme dan Intelijen, Brian E. Nelson, seperti yang tertulis pada situs Departemen Keuangan Amerika Serikat, Rabu, 31 Juli 2024.

“Amerika Serikat akan terus membebankan biaya kepada pihak-pihak yang memfasilitasi Iran untuk memproduksi senjata mematikan itu.”

Langkah hari ini diambil berdasarkan Perintah Eksekutif (E.O.) 13382, yang menarget penyebar senjata pemusnah massal (WMD) dan alat pengirimannya.

Departemen Luar Negeri AS menetapkan MODAFL berdasarkan Perintah eksekutif 13382 pada tanggal 25 Oktober 2007, terkait program rudal balistik Iran. [ps/lt/es]