Dewan Transisi Libya Serahkan Kekuasaan kepada Majelis Hasil Pemilu

Mustafa Abdel Jalil, ketua Dewan Transisi Libya (NTC) memberikan sambutan dalam acara serah terima jabatan ke Kongres Nasional Umum di Tripoli (8/8).

Mustafa Abdel Jalil, ketua dewan transisi Libya, menyerahkan kekuasaan kepada anggota tertua majelis, Mohammed Ali Salim, dalam upacara di sebuah hotel di Tripoli Rabu malam (8/8).
Dewan transisi Libya telah menyerahkan kekuasaan dengan damai kepada majelis hasil pemilu. Mustafa Abdel Jalil, ketua dewan transisi, menyerahkan kekuasaan kepada anggota tertua majelis, Mohammed Ali Salim, dalam upacara di sebuah hotel di Tripoli Rabu malam.

Jalil mengatakan majelis yang dinamakan Kongres Nasional Umum tersebut merupakan wakil sah rakyat Libya mulai saat ini.

Badan yang semua anggotanya terpilih dalam pemilu itu terdiri dari 120 kursi independen dan 80 kursi partai. Koalisi masa perang yang liberal pimpinan perdana menteri Mahmoud Jibril memperoleh paling banyak suara dalam pemilu bulan lalu, menguasai 39 kursi.

Kongres yang beranggotakan 200 orang itu sekarang harus mengangkat ketua baru yang akan memimpin Libya ke pemilu parlemen sepenuhnya setelah undang-undang dasar baru dirancang.