Diduga Angkut Pengidap Mpox, Kapal Kargo Dikarantina di Argentina  

Foto ilustrasi yang menunjukkan hasil tes monkeypox atau mpox yang positif. (Foto: Reuters/Dado Ruvic)

Pihak berwenang Argentina telah mengarantina sebuah kapal kargo di Sungai Parana karena diduga mengangkut seorang pengidap mpox di dalamnya, kata pemerintah pada Selasa (20/8). Tindakan ini dilakukan sementara otoritas kesehatan masyarakat global masih mewaspadai varian baru virus tersebut yang menyebar lebih cepat.

Kapal berbendera Liberia yang dikarantina itu berlayar dari Santos, Brazil – juga merupakan pusat komoditas utama – untuk mengambil muatan kedelai menurut kementerian kesehatan dan badan industri Liga Angkatan Laut Argentina.

BACA JUGA: WHO: Mpox Bukan COVID Baru

Kapal di dekat pelabuhan biji-bijian Rosario di pedalaman Argentina memberitahu pihak berwenang bahwa “salah seorang awaknya yang berkebangsaan India menunjukkan lesi kulit seperti kista, terutama di daerah dada dan wajah,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan. Menurut pernyataan itu, orang tersebut telah diisolasi dari para awak lainnya.

Sekitar 13 negara telah melaporkan kasus mpox yang disebabkan oleh jenis lain di berbagai penjuru Amerika tahun ini, menurut data WHO hingga pekan lalu. Argentina sebelumnya mencatat delapan kasus, meskipun tidak satu pun di antaranya mengidap virus jenis klade 1b. [uh/rs]