Dua Obat COVID-19 Mungkin Tak Mempan Hadapi Omicron

  • Associated Press

Seorang pasien menatap suster yang tengah berusaha untuk menemukan nadi dang pasien untuk menyuntikan obat antibodi Regeneron untuk mengatasi infeksi COVID-19, di rumah Sakit Sarasota Memorial Urgent Care Center, Florida, pada 23 September 2021. (Reuters/Shannon Stapleton)

Varian Omicron yang menyebar sangat cepat mungkin tidak akan mempan diatasi dengan dua pengobatan standar yang diandalkan oleh para dokter di Amerika Serikat (AS) untuk mengatasi COVID-19.

Obat-obatan antibodi yang diproduksi oleh Regeneron dan Eli Lilly selama ini digunakan untuk mengobati para pasien.

BACA JUGA: Pekan Ini, New York akan Putuskan Soal Perayaan Tahun Baru di Times Square

Tapi para pemimpin di Pusat Pengedalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan Omicron menyebar lebih cepat dibandingkan varian sebelumnya dan akan menjadi varian dominan dalam beberapa minggu mendatang.

Obat ketiga dari GlaxoSmithKline sepertinya lebih efektif. Namun, obat itu tak banyak tersedia di AS.

BACA JUGA: Pejabat Kesehatan AS: Perjuangan Sulit Lawan Varian Omicron

Untuk saat ini, para pejabat federal menimbun dosis-dosis untuk digunakan dalam beberapa pekan mendatang. Para pakar memprediksi Omicron bisa mendominasi wabah di AS pada awal tahun depan.

Varian Delta masih menyebabkan lebih dari 95 persen dari kasus-kasus COVID-19 di AS, menurut CDC. Tapi para pemimpin CDC mengatakan omicron menyebar lebih cepat dibandingkan varian sebelumnya dan akan menjadi varian dominan dalam beberapa minggu. [vm/pp]