Dua Tewas, 51 Hilang dalam Musibah Longsor di Malaysia

Potongan gambar dari sebuah video pemberitaan menunjukkan kondisi dari longsor yang menimpa daerah Batang Kali, Malaysia, pada 16 Desember 2022. (Foto: Astro Awani/via Reuters)

Dua orang tewas dan lebih dari 50 lainnya dinyatakan hilang setelah longsor menimpa sebuah bumi perkemahan di Malaysia pada Jumat (16/12) dini hari, kata pejabat setempat. Petugas SAR masih menyisir lokasi untuk mencari korban selamat.

Longsor yang terjadi di negara bagian Selangor, di pinggiran ibu kota Kuala Lumpur, itu terjadi sekitar pukul tiga pagi waktu setempat di pinggir jalan dekat sebuah perkebunan yang menyediakan fasilitas perkemahan, kata departemen pemadam kebakaran dan SAR dalam sebuah pernyataan.

BACA JUGA: Sekitar 100 Orang Tewas Akibat Banjir yang Melanda Ibu Kota Kongo

Sebanyak 79 orang terjebak longsor, 23 di antaranya ditemukan selamat, kata departemen itu. Selain dua orang yang ditemukan tewas, tiga lainnya terluka, sedangkan 51 orang lainnya masih hilang.

Longsor itu terjadi dari ketinggian 30 meter di atas bumi perkemahan, dan menutup area seluas 0,4 hektar, kata Norazam Khamis, direktur departemen itu. [rd/rs]