Dubes AS di PBB: AS Siap Dukung Resolusi Gaza

  • Associated Press

Warga Palestina, termasuk anak-anak, mengantre untuk mendapatkan makanan di Rafah, Jalur Gaza, pada 21 Desember 2023. (Foto: AP/Fatima Shbair)

Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB Linda Thomas-Greenfield mengatakan sebuah resolusi mengenai Gaza yang dapat AS dukung telah selesai dirancang di Dewan Keamanan PBB.

"Kami sudah mempunyai resolusi itu sekarang. Kami siap untuk memberikan suara mengenai resolusi itu," kata Thomas-Greenfield.

"Dan ini adalah resolusi yang akan memberi bantuan kemanusiaan kepada mereka yang membutuhkan," katanya.

BACA JUGA: CPJ: Perang Israel-Hamas Paling Banyak Bunuh Jurnalis

Sekretaris Jenderal PBB António Guterres mengatakan Gaza menghadapi "bencana kemanusiaan" dan kehancuran total sistem dukungan kemanusiaan akan menyebabkan "gangguan total ketertiban umum dan meningkatnya tekanan untuk pengungsian massal ke Mesir."

Menurut laporan yang dirilis Kamis oleh 23 lembaga PBB dan sejumlah badan kemanusiaan, seluruh 2,2 juta penduduk Gaza berada dalam krisis pangan atau lebih buruk, dan 576.600 berada pada kelaparan tingkat "bencana." Dengan terputusnya pasokan ke Gaza, Program Pangan Dunia PBB (WFP) mengatakan 90% penduduk Gaza secara rutin harus hidup tanpa makanan selama sehari penuh. [ka/rs]