Eks CEO YouTube Susan Wojcicki Meninggal Dunia pada Usia 56 karena Kanker Paru-paru

Susan Wojcicki, CEO YouTube, berbicara kepada delegasi Forum Ekonomi Dunia (WEF) di Davos, Swiss, 24 Mei 2022. (Foto: REUTERS/Arnd Wiegmann)

Susan Wojcicki, mantan kepala eksekutif YouTube dan eksekutif Google yang telah lama menjabat, meninggal dunia pada Sabtu (10/8) pada usia 56 tahun setelah dua tahun berjuang melawan kanker paru-paru.

"Dengan rasa duka yang mendalam, saya mengumumkan bahwa Susan Wojcicki, istri tercinta saya selama 26 tahun dan ibu dari lima anak kami, telah meninggal dunia hari ini setelah dua tahun berjuang melawan kanker paru-paru non-sel kecil," kata Dennis Troper, suami Wojcicki, dalam sebuah unggahan di Facebook.

"Selama dua tahun terakhir, meskipun menghadapi tantangan pribadi yang besar, Susan tetap berkomitmen untuk membuat dunia menjadi lebih baik melalui kegiatan filantropinya, termasuk mendukung penelitian untuk penyakit yang pada akhirnya merenggut nyawanya," kata Sundar Pichai, Kepala Eksekutif Google, dalam sebuah posting di blog.

Salah satu perempuan paling terkemuka di bidang teknologi, Wojcicki bergabung dengan Google pada 1999 sebagai salah satu karyawan pertama perusahaan tersebut, beberapa tahun sebelum Google mengakuisisi YouTube.

CEO YouTube Susan Wojcicki berbicara di atas panggung selama konferensi pengembang Google I/O tahunan di San Jose, California, AS, 17 Mei 2017. (Foto: REUTERS/Stephen Lam)

Google membeli YouTube pada 2006 seharga $1,65 miliar.

Sebelum menjadi CEO YouTube pada 2014, Wojcicki adalah wakil presiden senior untuk produk iklan di Google.

Setelah sembilan tahun memimpin, Wojcicki mengundurkan diri dari jabatannya di YouTube pada 2023 untuk fokus pada "keluarga, kesehatan, dan proyek pribadi." Ia digantikan oleh Neal Mohan, wakilnya yang merupakan eksekutif senior periklanan dan produk yang bergabung dengan Google pada 2008. Pada saat itu, Wojcicki berencana untuk mengambil peran penasihat di Alphabet, perusahaan induk Google.

"Dua puluh lima tahun yang lalu saya memutuskan untuk bergabung dengan beberapa mahasiswa pascasarjana Stanford yang sedang membangun mesin pencari baru. Nama mereka Larry dan Sergey .... Itu akan menjadi salah satu keputusan terbaik dalam hidup saya," tulis Wojcicki dalam sebuah posting blog pada hari ia meninggalkan YouTube, merujuk pada pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin.

"Hari ini kami di YouTube kehilangan seorang rekan setim, mentor, dan teman, Susan Wojcicki," kata Mohan dalam sebuah posting di X. [ah/ft]