Elon Musk Bahas Hutan Hujan Tropis Bersama Presiden Brazil

Presiden Jair Bolsonaro, kiri; Menteri Komunikasi Fabio Faria, kanan; dan CEO SpaceX Elon Musk di Conecta Amazonia di Porto Feliz, negara bagian Sao Paulo, Brazil, 20 Mei 2022. (Foto: via AFP)

CEO Tesla dan SpaceX Elon Musk bertemu dengan Presiden Brazil Jair Bolsonaro pada hari Jumat (20/5) untuk membahas masalah konektivitas internet dan proyek-proyek lain di hutan tropis Amazon.

Pertemuan tersebut, yang diadakan di sebuah resor mewah di negara bagian Sao Paulo, diselenggarakan oleh Menteri Komunikasi Fábio Faria. Menteri Faria mengatakan dia sedang mengupayakan kemitraan dengan orang terkaya di dunia itu untuk mendatangkan atau meningkatkan internet di sekolah-sekolah dan fasilitas-fasilitas kesehatan di daerah pedesaan dengan menggunakan teknologi yang dikembangkan oleh SpaceX dan Starlink, dan juga untuk melestarikan hutan tropis.

“Sangat senang berada di Brazil untuk peluncuran Starlink untuk 19.000 sekolah yang tidak terhubung di daerah pedesaan dan pemantauan lingkungan Amazon,” cuit Musk di Twitter pada Jumat (20/5) pagi waktu setempat.

Kegiatan ilegal di hutan tropis Amazon yang luas dipantau oleh beberapa lembaga, seperti badan antariksa nasional, polisi federal, dan pengatur lingkungan Ibama.

Namun deforestasi di Amazon telah melonjak di bawah pemerintahan Bolsonaro. Penggundulan hutan itu mencapai tingkat tahunan tertinggi dalam lebih dari satu dekade, menurut data resmi dari badan antariksa nasional. Para pengkritik Bolsonaro mengatakan bahwa dialah yang paling bersalah, karena telah mendorong para pelaku pembalakan dan perampas lahan dengan dukungan kuatnya untuk pembangunan wilayah tersebut.

Dalam acara tersebut, Bolsonaro mengatakan kawasan itu “sangat penting” bagi Brazil.

BACA JUGA: Angka Deforestasi di Hutan Amazon Catat Rekor Tertinggi pada Januari

“Kami mengandalkan Elon Musk agar Amazon dikenal oleh semua orang di Brazil dan di dunia, untuk menunjukkan kegembiraan kawasan ini, bagaimana kami melestarikannya, dan seberapa besar kerugian yang dilakukan oleh mereka yang menyebarkan kebohongan tentang kawasan ini terhadap kami,” kata Bolsonaro.

Bolsonaro dan Musk muncul dalam video yang disiarkan langsung di akun Facebook presiden, berdiri bersama di atas panggung dan menjawab pertanyaan dari sekelompok siswa.

“Banyak yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup melalui teknologi,” kata Musk kepada massa yang menghadiri acara itu. [lt/ah]