Erdogan akan Kunjungi Kairo, Kunjungan Pertamanya ke Mesir sejak 2012

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (kanan) berjabat tangan dengan Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi dalam pertemuan pada Piala Dunia di Doha, Qatar 20 November 2022.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dijadwalkan tiba di Kairo pada hari Rabu (14/2), untuk bertemu Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi. Pertemuan bertujuan memastikan pemulihan hubungan jangka panjang antara kedua pemimpin itu.

Erdogan mengatakan pada hari Senin, keduanya akan membahas “setiap upaya” untuk menghentikan “pertumpahan darah” di Jalur Gaza. Sementara kantor berita Turki, Anadolu mengatakan, pertemuan juga akan mencakup masalah ekonomi, perdagangan, pariwisata, energi dan pertahanan.

Kunjungan itu merupakan yang pertama bagi Presiden Turki ke Mesir sejak tahun 2012.

BACA JUGA: Erdogan Desak Diakhirinya “Serangan Tak Berperikemanusiaan” Israel di Gaza 

Kedua negara memutuskan hubungan pada tahun 2013 setelah Sisi, yang waktu itu menjabat sebagai menteri pertahanan Mesir, menggulingkan Presiden Islamis Mohamed Morsi, sekutu Turki dan bagian dari gerakan Ikhwanul Muslimin.

Ketika itu, Erdogan mengatakan bahwa ia tidak akan pernah berbicara dengan seseorang seperti Sisi, yang pada tahun 2014 menjadi presiden di negara berpenduduk terbesar di Arab. Namun hubungan keduanya mencair sejak tahun 2021, ketika delegasi Turki mengunjungi Mesir untuk membahas normalisasi hubungan.

Pada Juli lalu, Kairo dan Ankara menunjuk duta besar masing-masing untuk pertama kalinya dalam 10 tahun. [ps/jm]