FBI: Sistem Pemilu AS Mungkin Ditembus Peretas Asing

Kantor pusat Komite Nasional Partai Demokrat di Washington DC (foto: dok). Para peretas Rusia telah meretas sistem komputer partai Demokrat beberapa bulan lalu.

Dinas Penyelidikan Federal Amerika atau FBI telah menemukan bukti bahwa dua database pemilu Amerika telah diretas baru-baru ini oleh orang-orang yang diduga peretas asing.

Insiden ini telah mendorong pihak berwajib untuk mendesak para pejabat pemilu negara bagian meningkatkan sistem keamanan komputer mereka.

Divisi Cyber FBI mengeluarkan laporan rahasia pada tanggal 18 Agustus, tetapi tidak menyebut kedua negara bagian yang menjadi sasaran. Yahoo News, yang pertama kali melaporkan peretasan itu pada hari Senin, mengutip sumber-sumber yang mengatakan sistem pendaftaran pemilih di Arizona dan Illinois telah diretas.

Gangguan lebih serius dilaporkan terjadi di Illinois, di mana seorang pejabat dewan pemilu negara mengatakan sistem pendaftaran pemilih ditutup selama 10 hari bulan lalu , setelah peretas mencuri informasi pribadi sekitar 200.000 pemilih.

Peretasan di Arizona melibatkan penyusupan perangkat lunak yang berbahaya ke dalam sistem pendaftaran pemilih. Seorang pejabat Arizona mengatakan tidak ada data pemilih yang dicuri. [sp/ii]