Federasi Sepakbola Australia Khawatirkan Keamanan Ibukota Tajikistan

Polisi mengamankan daerah di ibukota Tajikistan, Dushanbe, tempat beberapa anggota pasukan khusus dan polisi lalu lintas ditembak sampai mati (4/9). (AP/Peter Leonard)

Tim Australia dijadwalkan bertanding melawan Tajikistan hari Selasa.

Federasi Sepakbola Australia (FFA) mengatakan mereka mengetahui keadaan keamanan yang tegang di ibukota Tajikistan, Dushanbe, hanya empat hari sebelum pertandingan kualifikasi Piala Dunia Sepakbola Australia di kota itu.

Kelompok-kelompok bersenjata, yang dipimpin oleh wakil menteri pertahanan yang kecewa, melancarkan serangan hari Jumat (4/9) di dan dekat Dushanbe yang menewaskan sedikitnya 17 orang, kata pihak berwenang. Belum jelas apa yang melatar belakangi serangan itu.

Juru bicara FFA, David Mason, mengatakan kepada Associated Press melalui email hari Sabtu, “Kami mengetahui keadaan tersebut, tetapi tidak ada keterangan mengenai apakah itu akan berakibat terhadap pertandingan.”

Australia dijadwalkan bertanding melawan Tajikistan hari Selasa.

Tim Australia dijadwalkan berangkat ke kawasan itu Jumat malam dari Perth, negara bagian Western Australia, dimana Australia mengalahkan Bangladesh 5-0 dalam kualifikasi Piala Dunia hari Kamis.