Garda Pantai Angkat Kapal Amfibi Missouri yang Tenggelam

Kapal amfibi di tempat parkir "Ride the Ducks" di Branson, 21 Juli 2018.

Garda Pantai, Senin (23/7), mengangkat kapal amfibi wisata "Ride the Ducks" yang tenggelam di danau Missouri pekan lalu dan menewaskan 17 penumpang.

Alat penderek (Crane) mengangkat kapal berbobot empat ton itu dari kedalaman 24 meter, membuang air yang masuk dan menaikkannya ke truk. Pakar-pakar dari Badan Keselamatan Angkutan Nasional akan menyelidiki penyebab kecelakaan.

Menurut Garda Pantai, penyelidikan kemungkinan akan berfokus pada apakah kapal seharusnya beroperasi atau tidak mengingat saat itu berlangsung badai petir.

Kecepatan angin yang mendekati kekuatan badai mungkin menyebabkan kapal itu terbalik dan tenggelam.

Saksi mata mengatakan cuaca tenang ketika wisata air dengan kapal dimulai. Tetapi seorang pejabat Garda Pantai mengatakan penyelidik akan mencari tahu apakah operator memantau laporan ramalan cuaca dan mengetahui bahwa badai akan datang.

Kapal tersebut membawa 31 penumpang ketika tenggelam di Danau Table Rock dekat Branson, Missouri, Kamis (19/7) lalu.

Sebanyak 17 orang tenggelam, termasuk sembilan dalam satu keluarga. Seorang anggota keluarga itu yang selamat mengatakan kapten kapal memberitahu penumpang tidak perlu mengenakan jaket pelampung. Kapten itu termasuk yang selamat.

Kapal amfibi pertama kali digunakan militer pada Perang Dunia II. Memiliki enam roda, kapal itu bisa melakukan perjalanan di darat maupun air. [ka]