Gedung Putih: Biden Tak Berniat Pecat Menhan Lloyd Austin

Presiden AS Joe Biden berbicara di Gedung Putih, sementara Menhan AS Lloyd Austin berdiri di belakangnya (foto: dok).

Presiden AS Joe Biden tidak berniat memecat Menteri Pertahanan Lloyd Austin setelah Austin secara misterius tidak melaporkan secara terbuka selama beberapa hari bahwa dirinya dirawat di rumah sakit dan belum mengungkap masalah kesehatan yang dideritanya, kata Gedung Putih hari Senin (8/1).

“Tidak ada rencana apa pun kecuali agar Menteri Austin tetap menjabat,” kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby kepada wartawan.

Austin, yang berada tepat di bawah Biden pada puncak rantai komando militer AS, dirawat di rumah sakit pada Hari Tahun Baru. Akan tetapi, terjadi komplikasi dari apa yang digambarkan sebagai prosedur medis elektif yang ia jalani.

Namun selama berhari-hari, Austin, yang berusia 70 tahun, tidak pernah memberi tahu Biden atau memerintahkan Pentagon mengumumkan kondisinya yang dirawat inap, yang merupakan hal biasa bagi para pejabat di tingkat tertinggi pemerintahan AS.

BACA JUGA: Diam-diam Dirawat di RS, Menteri Pertahanan AS Berjanji akan Transparan

Pada Sabtu (6/1), Austin mengatakan bahwa ia “bertanggung jawab penuh” karena merahasiakan perawatannya.

Namun politisi dari kubu Partai Republik, termasuk mantan Presiden Donald Trump, yang menjadi kandidat capres unggulan untuk menghadapi Biden dalam pilpres November mendatang, menyerukan pemecatan Austin.

Austin harus dipecat atas “perilaku profesionalnya yang tidak patut dan melalaikan tugas,” kata Trump.

“Ia menghilang selama seminggu dan tidak satu pun, termasuk bosnya, Joe Biden yang Jahat, tahu di mana keberadaannya,” tulis Trump di platform Truth Social.

Anggota DPR dari Partai Republik Elise Stefanik juga menyerukan pemecatan Austin. Dalam sebuah pernyataan, ia mengatakan, “Harus ada pertanggungjawaban penuh dimulai dengan pengunduran diri Menteri Austin sesegera mungkin dan orang-orang yang berbohong untuknya dan penyelidikan kongres terhadap pelalaian tugasnya yang berbahaya.”

Para pejabat mengungkapkan pada hari Minggu (7/1) bahwa perawatan Austin di rumah sakit lebih dirahasiakan dari yang diketahui sebelumnya, termasuk dari wakilnya di Pentagon. Tugas Austin mewajibkannya untuk siap sedia setiap saat untuk menanggapi krisis militer atau keamanan nasional.

Kirby sendiri mengatakan dia tidak memiliki informasi tentang sifat masalah kesehatan Austin, namun Biden dan Austin sudah berbicara dalam beberapa hari terakhir.

Ia menambahkan, Gedung Putih akan meninjau peraturan atau prosedur apa yang tidak dipatuhi ketika Austin dirawat inap dan tidak memberitahukannya. [rd/jm]