Gedung Putih Sampaikan Belasungkawa untuk Korban Tabrakan Kapal AL

Komandan Armada Pasifik AL Amerika, Scott Swift menjawab pertanyaan saat konferensi pers dengan later USS John S. McCain dan USS America labuh jangkar di pangkalan AL Changi di Singapura, 22 Agustus 2017.

Kantor Pers Gedung Putih mengeluarkan pernyataan belasungkawa atas tewasnya 10 pelaut dalam tabrakan di laut hari Senin (21/8).

“Sementara Angkatan Laut memulai proses membawa pulang para pelaut yang gugur, pikiran dan doa kami tertuju untuk keluarga dan sahabat mereka,” kata Gedung Putih dalam pernyataannya.

“Kami mengucapkan terima kasih atas upaya pertolongan dan pencarian para awak kapal USS John S. McCain, yang dilakukan Garda Pantai Malaysia, Tentara Laut Diraja Malaysia, dan Angkatan Laut Singapura.” Pernyataan itu menambahkan, Kementerian Pertahanan Amerika akan melakukan penyidikan lengkap dan seksama atas insiden tersebut.

Panglima Armada Pasifik Angkatan Laut Amerika Serikat Laksamana Scott Swift hari Selasa mengatakan para penyelam telah berhasil mengevakuasi jenazah para awak kapal USS John S. McCain, kapal perusak Amerika kedua yang bertubrukan dengan kapal komersial dalam dua bulan terakhir. Kapal itu mengalami kerusakan signifikan.

Swift juga mengatakan dalam jumpa pers di Singapura, Angkatan Laut berusaha mengidentifikasi mayat yang ditemukan Angkatan Laut Malaysia.

Para penyidik Amerika berusaha menentukan apa yang menyebabkan tubrukan dengan kapal tangker Liberia di dekat Selat Malaka itu. Foto-foto menunjukkan lubang menganga di bawah garis permukaan air pada sisi kiri kapal. Beberapa ruang tidur dan komunikasi kebanjiran. [ds]