Gedung Putih Tunjuk Kepala Baru Angkatan Udara AS

  • Associated Press

Wakil Kepala Angkatan Udara AS Jenderal David Allvin berbicara dengan sejumlah pemimpin masyarakat sipil di Utah, dalam pertemuah di Pentagon, Washington, pada 21 Juni 2023. (Foto: Eric Dietrich/U.S. Air Force via AP)

Dalam pemberitahuan kepada Kongres AS pada Rabu (26/7), Gedung Putih mencalonkan Jenderal David W. Allvin untuk menjabat kepala staff baru Angkatan Udara. Allvin adalah pilot karir dengan penempatan utama di Afghanistan dan Eropa.

Dalam karirnya yang panjang, mencakup lebih dari 4.600 jam menerbangkan pesawat militer, Allvin telah mengetuai unit-unit yang memimpin pelatihan udara dan operasi tempur NATO di Afghanistan. Dia pernah memimpin strategi udara di Eropa, dan mengawasi semua operasi mobilitas udara global, bertanggung jawab atas armada lebih dari 1.000 pesawat yang mengisi bahan bakar, mengangkut, dan memasok pasukan di seluruh dunia.

BACA JUGA: Pelapor: AS Sembunyikan Program UFO “Puluhan Tahun”

Jika pencalonannya disetujui, Allvin akan menggantikan Jenderal CQ Brown yang ditunjuk Gedung Putih untuk menjabat Ketua Kepala Staff Gabungan berikutnya.

Allvin dipandang sebagai kandidat kuat untuk posisi tersebut, setelah terakhir menjabat wakil kepala staf Angkatan Udara.

Nominasi Allvin dan ratusan jenderal tertinggi lainnya menunggu konfirmasi untuk pindah ke tugas militer baru mereka. Senator Tommy Tuberville menunda proses konfirmasi sampai departemen pertahanan merevisi kebijakan yang mengizinkan tentara bepergian dan mengambil cuti untuk perawatan kesehatan reproduksi. [ka/lt]