Gempa di Afghanistan, Lebih dari 1.000 Orang Tewas

Pria Afghanistan membawa barang-barang mereka setelah gempa bumi di Provinsi Takhar, timur laut Kabul, Afghanistan, Selasa, 27 Oktober 2015. (Foto: AP)

Sebuah gempa kuat terjadi di kawasan pegunungan Afghanistan timur Rabu (22/6) dini hari, sehingga menghancurkan rumah-rumah serta menewaskan lebih dari 1.000 orang.

Gempa kuat di bagian tenggara Afghanistan telah menewaskan lebih dari 1.000 orang dan mencederai ratusan lainnya, kata otoritas Taliban.

Petugas penyelamat mengatakan korban gempa, yang terjadi pada Rabu dini hari (22/6), kemungkinan besar akan meningkat.

Deputi Menteri Manajemen Bencana Taliban Mawlawi Sharafuddin Muslim mengatakan dalam konferensi pers di ibu kota, Kabul, sebagian besar kerusakan terjadi di provinsi bagian tenggara, Paktika dan Khost, yang berbatasan dengan Pakistan.

Survei Geologi AS (USGS) mengatakan gempa berkekuatan 6,1 terjadi sekitar 44 kilometer dari ibu kota provinsi, Khost. Wartawan setempat dan saksi mata melaporkan korban tewas dapat mencapai hingga 2.500.

Polisi nasional Afghanistan berdiri di lokasi setelah gempa bumi melanda Provinsi Baghlan, utara Kabul, Afghanistan, Senin, 11 Juni 2012. (Foto: AFP)...

BACA JUGA: Gempa Guncang Pakistan Selatan, Sedikitnya 20 Tewas