Gempa Magnitudo 7 Guncang Lepas Pantai Wilayah Kamchatka, Rusia

Erupsi Gunung Shiveluch menyebabkan gempa dengan magnitudo 7 sekitar 102 kilometer dari Kota Petropavlovsk-Kamchatsky di wilayah Kamchatka, Rusia, Minggu, 18 Agustus 2024. (Foto: Institute of Volcanology and Seismology FEB RAS via AP)

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,0 terjadi di lepas pantai Semenanjung Kamchatka di timur jauh Rusia pada Minggu (18/8) pagi waktu setempat, menurut layanan pemantauan gempa regional.

Kementerian Darurat setempat mengatakan gempa dirasakan di sepanjang pantai termasuk di ibu kota wilayah tersebut, Petropavlovsk-Kamchatsky.

“Tim operasional penyelamat dan pemadam kebakaran sedang memeriksa gedung-gedung,” kata Kementerian Darurat Rusia cabang regional di wilayah Kamchatka melalui Telegram.

Menurut laporan Survei Geologi Amerika Serikat (U.S. Geological Survey/USGS) Gempa bumi terjadi pada kedalaman hampir 50 kilometer setelah pukul 07.00 waktu setempat, sekitar 90 kilometer sebelah timur Petropavlovsk-Kamchatsky,

Pusat Peringatan Tsunami Nasional AS awalnya mengeluarkan ancaman tsunami, tetapi kemudian mengatakan bahwa ancaman tersebut telah berlalu. Pemerintah setempat tidak pernah mengeluarkan peringatan tsunami.

Layanan Geofisika Terpadu Rusia cabang Kamchatka melaporkan di situs webnya bahwa beberapa gempa susulan tercatat setelah gempa awal, tetapi intensitasnya lebih rendah, lapor

“Sebagian besar gempa susulan tidak terasa,” kata otoritas darurat regional melalui Telegram.

Semenanjung itu terletak di jalur seismik aktif yang mengelilingi sebagian besar Samudera Pasifik yang dikenal sebagai "Cincin Api." Di jalur tersebut terdapat lebih dari dua lusin gunung berapi aktif. [ft/ah]