Guaido Tuduh Maduro Berusaha Transfer $1,2 Miliar ke Uruguay

Presiden Venezuela Nicolas Maduro (kiri) dan pemimpin oposisi Venezuela, Juan Guaido (foto: dok).

Pemimpin oposisi Venezuela dan presiden sementara Juan Guaido, Senin (4/2) mengatakan Presiden Nicolas Maduro sedang berusaha untuk mentransfer dana hingga $1,2 miliar ke sebuah bank di Uruguay.

Berbicara di televisi nasional setelah puluhan lebih negara Eropa secara resmi mengakuinya sebagai pemimpin Venezuela, Guaido tanpa memberi bukti mengklaim Maduro memindahkan uang dari bank pembangunan negara Bandes ke sebuah lembaga keuangan di Uruguay.

Menlu Amerika Mike Pompeo mengatakan Amerika yang pekan lalu mengakui Guaido sebagai presiden menyambut baik keputusan hari Senin oleh negara-negara Eropa, termasuk Austria, Perancis, Jerman, Swedia, dan Inggris.

"Kami juga berbesar hati dengan resolusi Parlemen Eropa 31 Januari yang mengakui Juan Guaido sebagai presiden sementara. Eropa bergabung dengan Amerika dan lebih dari 23 negara lainnya dalam mengakui Juan Guaido sebagai presiden sementara, sesuai dengan konstitusi Venezuela," kata Pompeo dalam sebuah pernyataan.

Pengumuman itu muncul setelah sejumlah negara memberi Maduro tenggat waktu untuk mengadakan pemilihan yang bebas dan adil, atau mereka akan mengakui Guaido, yang menyatakan dirinya sebagai presiden sementara pada Januari, sebagai pemimpin negara Amerika Selatan itu. (my)