Guam Bersiap Hadapi Topan Mawar

Topan Mawar terlihat di dekat Guam pada Senin, 22 Mei 2023. (Layanan Cuaca Nasional AS via AP)

Gubernur Guam Lou Leon Guerrero mendesak warga agar tetap tinggal di rumah dan memperingatkan bahwa pulau itu mungkin terkena dampak langsung dari Topan Mawar.

Badai ini menguat di jalurnya yang mengarah ke teritori AS di Pasifik itu.

Layanan Cuaca Nasional mengatakan bahwa jika Guam tidak terkena terjangan langsung, topan itu akan berada sangat dekat dengan daerah itu.

Gubernur Guerrero mengatakan, “Prakiraan sekarang ini kurang baik bagi pulau kita. Kita telah mengikutinya dengan cermat dan bersiap menghadapinya. Menurut mitra-mitra kita di Layanan Cuaca Nasional, intensitas angin telah meningkat. Kami sekarang perkirakan angin yang menyertainya berkecepatan 201 kilometer per jam. Mawar ada di perbatasan topan kategori empat dengan angin berkecepatan hingga 241 kilometer per jam.”

Mawar diperkirakan tiba di Guam sebagai badai kategori 4. Badai ini mungkin menghantam bagian selatan Guam pada Rabu tengah hari. Mawar bisa menjadi badai terkuat yang menerjang Guam dalam dua dekade.

Para pejabat mengatakan badai itu dapat menyebabkan kerusakan yang luas. Warga sudah bersiap-siap dan tempat-tempat penampungan darurat telah dibuka. [uh/ab]