Gubernur Florida: Badai Milton Bisa Mengancam Florida

  • Associated Press

Gambar satelit GOES-16 GeoColor yang diambil oleh Badan Kelautan dan Atmosfer AS (NOAA) pada 5 Oktober 2024 menunjukkan badai tropis Milton bergerak di lepas pantai Meksiko. (Foto: NOAA via AP)

Badan ramalan cuaca mengatakan Badai Tropis Milton telah terbentuk di Teluk Meksiko. Pusat Badai Nasional AS pada Minggu (6/10) pagi mengatakan bahwa Milton berada sekitar 1.300 km di sebelah barat daya Tampa, Florida.

Badai tersebut dapat menguat menjadi topan sangat kuat dan menimbulkan risiko dampak yang mengancam jiwa di sebagian wilayah pantai barat Florida.

Gubernur Florida Ron DeSantis telah mengumumkan keadaan darurat di 51 daerah setingkat kabupaten menjelang kemungkinan badai tersebut menerjang wilayah daratan.

BACA JUGA: AS Izinkan Starlink untuk Sediakan Layanan Telepon di Wilayah Terdampak Badai

Ia mengatakan banyak ketidakpastian tentang badai tersebut dan banyak hal yang dapat berubah. Tetapi jika melanda Tampa, badai itu akan memicu gelombang di tempat-tempat seperti Sarasota dan Charlotte.

Banyak daerah yang masih berupaya memulihkan diri dari Badai Helene. DeSantis telah meminta badan-badan negara bagian Florida untuk membantu masyarakat bergegas menyingkirkan puing-puing. [ka/em]