Hakim Tolak Mosi Trump untuk Menghentikan Kasus Kelalaian Penanganan Dokumen Rahasia Negara

Mantan Presiden AS Donald Trump pergi meninggalkan gedung pengadilan di Fort Pierce, Florida, pada 14 Maret 2024. (Foto: AP/Wilfredo Lee)

Hakim federal pada Kamis (14/3) menolak permohonan mantan Presiden AS Donald Trump untuk menghentikan kasus pidana yang mendakwanya dengan tuduhan menyimpan secara ilegal dokumen rahasia negara setelah tidak lagi menjabat sebagai presiden.

Putusan Hakim Distrik AS Aileen Cannon di Florida itu disampaikan beberapa jam setelah sidang selesai digelar. Dalam sidang itu, pengacara Trump mengatakan bahwa dakwaan utama dalam kasus itu tidak jelas.

Cannon, yang ditunjuk sebagai hakim federal oleh Trump, memutuskan bahwa pertanyaan itu “memerlukan pertimbangan serius” tetapi tidak boleh diputuskan pada saat ini.

BACA JUGA: Gedung Putih: Kasus Dugaan Kelalaian Penanganan Dokumen Rahasia Negara oleh Presiden Joe Biden Sudah ‘Ditutup’ 

Trump, kandidat capres Partai Republik yang akan menjadi penantang kandidat capres petahana dari Partai Demokrat, Joe Biden, mengaku tidak bersalah atas 40 dakwaan yang menuduhnya secara tidak sah mengambil dokumen rahasia negara setelah meninggalkan Gedung Putih pada 2021.

Kasus itu adalah satu dari empat kasus pidana yang menyeret Trump seiring upayanya untuk kembali menjadi presiden. [rd/jm]