Hal Yang Harus Diketahui Jika Terbang dengan Boeing Max 9

  • Associated Press

Pesawat Boeing 737 Max 9 milik maskapai Alaska Airlines menunggu untuk diinspeksi di hanggar milik maskapai tersebut di Bandara Internasional Seattle-Tacoma di Washington pada 10 Januari 2024. (Foto: AP/Lindsey Wasson)

Pesawat jet Boeing 737 Max 9, akan kembali terbang di Amerika Serikat, mulai akhir pekan ini, untuk pertama kalinya sejak pesawat itu dilarang terbang, karena panel samping salah satu pesawatnya terlepas.

Alaska Airlines berencana melanjutkan penerbangan dengan Max 9 pada Jumat (26/1), dan maskapai United menyusulnya pada hari Minggu (28/1). Hanya ada dua maskapai penerbangan AS yang mengoperasikan model Boeing 737 khusus itu.

Setelah melihat video penerbangan menakutkan dari sebuah pesawat dengan lubang menganga di sisinya, penumpang mungkin bertanya-tanya tentang keselamatan.

Badan Penerbangan Federal AS (FAA) merinci proses yang harus diikuti maskapai penerbangan untuk memeriksa – dan jika perlu, memperbaiki panel yang disebut penutup pintu, yang salah satunya lepas pada penerbangan Alaska Airlines 1282 pada 5 Januari lalu. Panel penutup itu digunakan untuk menutup lubang yang tersisa untuk pintu tambahan pada Max 9, ketika jumlah kursi yang banyak memerlukan lebih banyak pintu keluar untuk alasan keamanan.

BACA JUGA: Badan Penerbangan Federal AS Setujui Proses Inspeksi terhadap Pesawat Boeing agar Dapat Terbang Kembali

Pejabat FAA Mike Whitaker mengatakan peninjauan lembaganya terhadap segala sesuatu yang terjadi sejak kecelakaan itu, termasuk mengumpulkan informasi tentang pemeriksaan penutup pintu pada 40 pesawat lainnya.

FAA mengharuskan maskapai penerbangan untuk melakukan "inspeksi visual detail" dari penutup pintu dan sejumlah komponen lainnya, mengatur penguncidan memperbaiki segala kerusakan yang mereka temukan sebelum kembali mengoperasikan pesawat Max 9s. Lembaga tersebut mengatakan proses tersebut diambil setelah mengamati inspeksi yang dilakukan terhadap 40 unit pesawat yang dilarang terbang.

United mengatakan proses itu mencakup melepas panel di dalam, dua baris kursi dan pelapis didnding di samping kabin. Teknisi membuka pengunci pintu dan memeriksanya dan komponen lain di sekelilingnya, serta embuat sejumlah perbaikan sebelum kembali memasang panel. [ps/rs]