Harga-harga Saham di Asia Naik, Antisipasi Berita Positif dari AS

Papan elektronik di depan papan sekuritas di Tokyo ini menunjukkan kenaikan rata-rata harga saham Nikkei Jepang (atas tengah) dan harga-harga saham lainnya pada hari Jumat, 5 Juli 2013.

Harga-harga saham di Asia naik hari Jumat (5/7), di saat para investor saham masih menunggu laporan yang diperkirakan positif terkait lapangan pekerjaan di Amerika Serikat.
Praktik perdagangan di Jepang, Hong Kong dan Taiwan menguat, walaupun sebagian besar bursa lain di Asia juga mengalami kenaikan.

Hari Jumat, Departemen Tenaga Kerja Amerika mengeluarkan laporan pekerjaan bulanan, yang diperkirakan akan menunjukkan sedikit peningkatan dalam jumlah orang yang memperoleh pekerjaan.

Survei Bloomberg dan Dow Jones menunjukkan angka pengangguran Amerika turun menjadi 7,5 persen bulan Juni, turun 7,6 persen dari bulan sebelumnya. Ini sama dengan angka terendah dalam empat tahun yang juga dicapai bulan April.

Sebelumnya pekan ini, investor Amerika juga menyambut gembira dua laporan yang menunjukkan ekonomi Amerika menambah pekerjaan yang lebih banyak daripada diperkirakan semula.

Perusahaan administrasi pembayaran gaji ADP mengatakan jumlah pekerjaan yang diciptakan dalam ekonomi Amerika meningkat puluhan ribu bulan Juni. Dan Departemen Tenaga Kerja Amerika mengatakan jumlah orang Amerika yang memohon tunjangan pengangguran pekan lalu menurun 5.000.