Hasil Awal Pemilu Parlemen Irak Belum Jelas

Untuk sementara, koalisi Perdana Menteri Nouri al-Maliki unggul di dua provinsi, sementara koalisi pimpinan mantan PM Iyad Allawi memimpin di dua provinsi lainnya.

Hasil pendahuluan pemilihan parlemen Irak menunjukkan koalisi Perdana Menteri Nouri al-Maliki unggul di dua provinsi, sementara koalisi yang dipimpin oleh mantan Perdana Menteri Iyad Allawi memimpin di dua provinsi lainnya.

Para pejabat pemilu mengatakan koalisi Syiah, Negara Hukum, pimpinan Perdana Menteri Nouri al-Maliki unggul di Babil dan Najaf. Keduanya merupakan provinsi yang mayoritas penduduknya Syiah, di Irak Selatan.

Faksi sekuler pimpinan Allawi, Iraqiya, unggul di Diyala dan Salahuddin. Keduanya merupakan dua provinsi di sebelah utara Baghdad. Sementara itu, Aliansi Kurdi unggul di provinsi Irbil, Irak Utara.

Komisi pemilu merilis hasil perolehan suara itu hari Kamis. Ini merupakan penghitungan pertama dari pemilihan anggota parlemen yang berlangsung hari Minggu kemarin.

Para pejabat sebelumnya mengatakan mereka akan mengumumkan angka hasil awal begitu mereka telah menghitung 30 persen suara. Angka baru itu memberikan petunjuk tentang hasil pemungutan suara di lima dari 18 provinsi.

Para pejabat Irak berencana mengumumkan hasil final pada akhir bulan Maret ini.