Hindari Shutdown Kedua, Perunding Bipartisan Capai Kesepakatan Sementara

Tanda rapat tergantung di ruang sebuah komite senat saat para perunding bipartisan bernegosiasi mengenai keamanan perbatasan AS di Capitol, Washington,11 Februari 2019.

Beberapa perunding bipartisan Kongres telah mencapai kesepakatan prinsip untuk membiayai kegiatan pemerintah dan menghindari penutupan kembali kegiatan pemerintah pada akhir minggu.

Pihak-pihak yang terlibat dalam perundingan memberikan rincian kesepakatan itu, termasuk apakah Presiden Donald Trump akan mendapat seluruh dana yang dia minta untuk pembangunan tembok pembatas di perbatasan selatan Amerika Serikat.

Pihak Demokrat menawarkan sebagian pendanaan untuk keamanan perbatasan, jauh di bawah jumlah yang Trump minta untuk tembok tersebut.

Gedung Putih dan anggota DPR menghadapi tenggat Jumat (15/2), untuk menghindari penutupan kegiatan pemerintah atau shutdown untuk kedua kalinya setelah penutupan terlama selama 35 hari yang berakhir pada 25 Januari. Pada Jumat, dana kegiatan pemerintah untuk seperempat kegiatan operasi pemerintah akan habis.

Sementara itu Presiden Trump dijadwalkan menghadiri rapat umum di Kota El Paso mempromosikan janjinya sewaktu kampanyenya untuk membangun tembok itu, yang ditentang oleh Partai Demokrat.

Senin (11/2), Trump mengatakan, pihak Partai Demokrat yang dipersalahkan jika pemerintah tutup lagi karena anggaran sekarang habis pada Jumat (15/2) nanti. “Terserah pada Demokrat,” kata Trump, ketika ditanya wartawan apakah pemerintah akan tutup untuk kedua kalinya musim dingin sekarang. [al/ft]