Hindu Garis Keras Paksa Penutupan Toko Daging Sapi di New Delhi

Seorang pria Hindu India melakukan ritual di depan seekor sapi (yang dianggap sebagi hewan suci di India), setelah melakukan mandi suci di Sangam, pertemuan sungai Ganga dan Yamuna, di kota Allahabad, India (foto: ilustrasi).

Warga Hindu garis keras di India telah memaksa penjual daging di kawasan Gurgaon di pinggiran New Delhi untuk menutup toko mereka. Perintah penutupan itu dengan alasan bahwa para pemilik toko harus menghormati perasaan penganut Hindu yang mayoritas dan sedang merayakan festival keagamaan Navaratri selama sembilan hari.

Pemaksaan pada pemilik untuk menutup toko mereka yang sebagian besar Muslim di Gurgaon selama perayaan itu merupakan kampanye profil tinggi, sejak para Satpam Swakarsa Hindu melakukan tindakan untuk menyasar orang-orang yang menyembelih sapi, hewan yang dianggap suci oleh ummat Hindu.

Menjelang pemilihan nasional yang dijadwalkan berlangsung bulan Mei, sejumlah negara bagian yang diperintah oleh pemerintah nasionalis Hindu pimpinan Perdana Menteri Narendra Modi mulai dituduh bahwa mereka tidak berbuat cukup banyak dalam membendung aktivitas Hindu garis keras. (al)

BACA JUGA: India Larang Pria Muslim Ceraikan Istri Hanya dengan Satu Kata Talak