Hizbullah Klaim Sergap dan Serang Pasukan Israel di Perbatasan

Sejumlah tentara Israel berada di wilayah Lebanon selatan pada 13 Oktoberfest 2024 dalam operasi menyerbu Hizbullah. (Foto: Reuters/Artorn Pookasook)

Kelompok militan Lebanon, Hizbullah, mengatakan telah melakukan penyergapan terhadap tentara Israel, menyerang mereka di perbatasan selatan Lebanon pada Minggu (13/10), dalam laporan terbaru sepanjang hari ini.

Kelompok yang didukung Iran itu “menyergap” tentara Israel yang mencoba “menyusup” ke wilayah Lebanon di dekat desa perbatasan Mais al-Jabal. Kelompok tersebut menambahkan bahwa mereka terlibat bentrokan dengan tentara yang mencoba menyusup tersebut, lalu memaksa tentara Israel untuk mundur, dan mengeklaim adanya korban dari pihak Israel.

Hizbullah juga mengeklaim telah bentrok dengan tentara Israel di daerah lain di sepanjang perbatasan.

BACA JUGA: Sekjen PBB: Serangan terhadap UNIFIL “Mungkin Merupakan Kejahatan Perang” 

“Para pejuang kami menyerang pasukan musuh Israel di Aita al-Shaab dan bentrokan hebat terjadi menggunakan senapan mesin, roket, dan peluru artileri,” kata kelompok itu sebelumnya.

Hizbullah juga mengatakan bahwa mereka juga telah bertempur dengan pasukan Israel di dekat desa Al-Qawzah.

Selain itu, kelompok tersebut juga melaporkan bahwa mereka telah menembakkan peluru artileri ke “pasukan musuh” di daerah Maroun al-Ras, dan menembakkan peluru artileri dan senapan mesin ke tentara Israel di dekat Blida. [ns/ka]