IAEA: Komunikasi antara PLTN Chernobyl dan Regulator Ukraina Kembali Terjalin

Sebuah parit yang menurut pihak Ukraina digali oleh pasukan Rusia di lahan radioaktif dekat PLTN Chernobyl, yang kini sudah tidak aktif, sebelum pasukan tersebut mundur dari wilayah itu pada 31 Maret 2022. Foto diambil pada 5 April 2022. (Foto: Courtesy Evgen Kramarenko)

Ukraina mengatakan kepada Badan Energi Atom Internasional (IAEA) pada Selasa (19/4), bahwa komunikasi langsung telah dipulihkan antara pembangkit listrik tenaga nuklir Chornobyl dan regulator tenaga atom Ukraina, setelah pasukan Rusia meninggalkan fasilitas itu, kata IAEA.

Direktur Jenderal IAEA Rafael Grossi mengatakan perkembangan itu adalah "berita yang sangat baik," seraya menambahkan bahwa ia akan memimpin tim ahli untuk datang ke pembangkit listrik itu pada akhir bulan ini untuk melakukan serangkaian penilaian.

Pasukan Rusia menduduki pembangkit listrik yang sudah tidak aktif tersebut sesaat setelah melancarkan invasinya terhadap Ukraina, tetapi kemudian meninggalkan tempat itu pada 31 Maret lalu, kata IAEA. [ps/rs]