IAEA: Program Nuklir Iran Berkembang Pesat

Direktur Jenderal IAEA Rafael Grossi berbicara dalam sebuah konferensi pers di Wina, Austria, pada 9 Juni 2022. (Foto: Reuters/Lisa Leutner)

Kepala Badan Energi Atom Internasional (IAEA), pada Selasa (2/8), mengatakan program nuklir Iran “sedang tumbuh, baik dari segi ambisi maupun kapasitas.” Ia mengatakan lembaga yang dipimpinnya membutuhkan akses penuh untuk memverifikasi semua aspek terkait perkembangan tersebut.

Direktur Jenderal IAEA Rafael Grossi mengakui bahwa program nuklir Teheran yang ada saat ini sangat berbeda dari program pada tahun 2015, ketika perjanjian untuk mengandalikan program nuklir bersama sejumlah negara besar tercapai. Dia mengatakan bahwa semua pihak, termasuk Iran, menyadari hal itu.

BACA JUGA: Sekjen PBB Peringatkan “Kemusnahan Umat Manusia oleh Senjata Nuklir”

“Mereka (Iran.red) mengatakan telah melangkah maju dan membuat pencapaian yang hebat serta program mereka bergerak maju sangat cepat. Tidak hanya maju, tetapi (program mereka) juga berkembang secara menyeluruh,” demikian kata Grossi kepada reporter di sela-sela konferensi kajian NPT di markas besar PBB.

“Program ini semakin bertambah luas, baik dalam hal ambisi, maupun kapasitas. Hal itu tidak berarti bahwa kita bisa memverifikasinya,” ditambahkan Grossi. “Tetapi jelas, kita perlu tingkat akses yang sesuai dengan ciri-ciri program itu.”

Ia mengatakan Iran kini punya lebih banyak fasilitas dan teknologi baru. Grossi menambahkan bahwa ia juga diberitahu bahwa Teheran kini sedang mempersiapkan unit-unit sentrifugal uranium baru, yang digunakan untuk memperkaya uranium. [jm/em]