Ibu Negara AS Jill Biden Siap Hadiri Pelantikan Claudia Sheinbaum Sebagai Presiden Perempuan Pertama Meksiko 

  • Associated Press

Ibu Negara AS Jill Biden berbicara dalam pertemuan Inisiatif Global Clinton (CGI) di Kota New York, pada 23 September 2024. (Foto: Reuters/Brendan McDermid)

Ibu Negara AS Jill Biden tiba di Meksiko pada Senin (30/9) untuk menghadiri pelantikan Claudia Sheinbaum sebagai presiden perempuan pertama Meksiko dalam demokrasi negara tersebut yang telah berusia hampir 200 tahun.

“Ada yang terasa istimewa malam ini…” kata Ibu Negara Biden dalam sebuah acara di kediaman Duta Besar AS untuk Meksiko Ken Salazar. “Rasa gembira melihat pelantikan presiden perempuan pertama Meksiko.”

“Joe dan saya, serta begitu banyak rakyat Amerika mendoakan yang terbaik untuknya dan menantikan kepemimpinannya,” tambahnya.

Ia terakhir kali berada di Meksiko saat melakukan kunjungan bersama Presiden Biden untuk menghadiri konferensi tingkat tinggi para pemimpin Amerika Utara tahun lalu.

BACA JUGA: Biden Perpanjang Larangan Suaka di Perbatasan AS-Meksiko 

Kunjungan Jill Biden dilakukan ketika hubungan AS dan Meksiko terus menegang. Awal bulan lalu, presiden Meksiko mengatakan bahwa AS turut bertanggung jawab atas meningkatnya kekerasan kelompok kartel di Sinaloa utara.

Presiden Meksiko juga telah menghentikan sementara hubungan dengan kedutaan besar AS dan Kanada bulan lalu, setelah kedua negara itu menyatakan kekhawatiran mereka atas perombakan sistem peradilan Meksiko yang kontroversial, yang akan melemahkan peradilan di negara itu.

Jill Biden akan menghadiri pelantikan Claudia Sheinbaum pada Selasa, 1 Oktober, bersama Presiden Brazil Luiz Inacio Lula da Silva, Presiden Kolombia Gustavo Petro dan sejumlah pemimpin dunia lainnya. [rd/rs]